Perusahaan Nasional dan Multinasional dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Berdasarkan Budaya Lokal Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Strategi Komunikasi PT. Erindo Mandiri dan PT. Tirta Investama dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Perusahaan)

Nurfadhillah, Halimatus Sa'diyah (2017) Perusahaan Nasional dan Multinasional dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Berdasarkan Budaya Lokal Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Strategi Komunikasi PT. Erindo Mandiri dan PT. Tirta Investama dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Perusahaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan perusahan di Indonesia baik nasional maupun multinasional dalam menjalin hubungan dengan publiknya dengan berdasarkan budaya lokal sekitar. Berdasarkan pada literatur, penelitian terdahulu, dan wawancara pendahuluan, aspek budaya merupakan faktor penting yang perlu untuk diperhatikan oleh perusahaan dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Kesesuaian strategi komunikasi dengan budaya lokal menjadi penentu keberhasilan dalam menjalin hubungan publik perusahaan. Sementara itu, budaya lokal masyarakat Indonesia telah mengalami akulturasi dan asimilasi dengan nilai Islam. Dengan demikian, kesesuaian strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan di Indonesia dengan nilai-nilai Islam adalah bentuk penyesuaian dengan budaya lokal yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis. Melalui metode wawancara mendalam, peneliti menggali data kualitatif terkait strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan PT. Erindo Mandiri sebagai perusahaan nasional dan PT. Tirta Investama sebagai perusahaan multinasional dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan data di lapangan, terdapat empat proposisi dalam penelitian ini, yaitu budaya lokal menentukan cara pendekatan perusahaan terhadap publiknya, cara pendekatan perusahaan menunjukkan faktor penting bagi perusahaan dalam menjalin hubungan, budaya organisasi memengaruhi tindakan perusahaan dalam menyelesaikan masalah, dan sarana komunikasi perusahaan menunjukkan pandangan perusahaan terhadap pentingnya pendapat publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara cara pendekatan yang dilakukan perusahaan dengan konsep silaturahmi dalam Islam dengan memberikan bantuan, melakukan kunjungan, dan menebarkan salam. Selain itu, dalam menjalin hubungan dengan publik perusahaan dipandang informan sebagai tindakan yang harus dilakukan secara berkelanjutan seperti keutaman silaturahmi dalam Islam.

English Abstract

This study aims to determine the communication strategies undertaken by companies in Indonesia both nationally and multinational in establishing relationships with the public based on local culture around. Based on literature, previous research, and preliminary interviews, cultural aspects is essential factor that need to be noticed by the companies in creating public relations. Compatibility of communication strategy with local culture becomes the determinant of success in establishing public relations company. Meanwhile, the local culture of Indonesian society has experienced acculturation and assimilation with Islamic values. Thus, the conformity of the company's communication strategy in Indonesia with Islamic values is a form of adaptation to the existing local culture. This research uses constructivist approach. Through the in-depth interview method, the researchers dig the qualitative data related to the communication strategy undertaken by PT. Erindo Mandiri as a national company and PT. Tirta Investama as a multinational company in a relationship with the public. The technique of selecting informants using purposive sampling technique. Based on the data in the field, there were four propositions in this study, that is, the local culture determines the way the company approaches its public, how the company approach shows important factors for the company in relationships, the organizational culture influences the company's actions in solving problems, of the importance of public opinion. The results showed that there is a match between the way the company approaches with the concept of friendship in Islam by providing assistance, make visits, and spread the greetings. In addition, in a relationship with the public company viewed by the informant as an action that must be done in a sustainable manner such as the immutability of the relationship in Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1017/051711807
Uncontrolled Keywords: manajemen hubungan, strategi komunikasi, budaya, nilai Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.45 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:29
Last Modified: 27 Nov 2020 11:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5515
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item