Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Siswa Miskin Melalui Kartu Brebes Cerdas Untuk Meningkatkan Kesempatan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Brebes)

Susanto, Nurdin Teguh (2017) Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Siswa Miskin Melalui Kartu Brebes Cerdas Untuk Meningkatkan Kesempatan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Brebes). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin di Kabupaten Brebes. Program BOSDA-Siswa Miskin sendiri dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes sebagai bantuan bagi siswa kurang mampu. Pelaksanaan Program BOSDA-Siswa Miskin dilakukan dengan menggunakan Kartu Brebes Cerdas (KBC) sebagai kartu pengendali siswa untuk memperoleh program tersebut. Syarat untuk mendapatkan KBC harus mengumpulkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diperoleh dari kelurahan setempat. Bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Brebes kepada masyarakat kurang mampu berupa barang (perlengkapan sekolah). Aktor pelaksana program BOSDA-Siswa Miskin meliputi penanggung jawab tingkat Kabupaten yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan tingkat sekolah yaitu pihak sekolah sendiri dibantu oleh lembaga penyalur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin di Kabupaten Brebes serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin di Kabupaten Brebes. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin di Kabupaten Brebes belum berjalan secara maksimal, meskipun proses pelaksanaan program sudah dilakukan secara baik akan tetapi tidak adanya perubahan yang cukup signifikan dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan dalam mengurangi angka putus sekolah. Pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pelaksanaan program BOSDA-Siswa Miskin yaitu komunikasi dan koordinasi yang baik oleh aktor pelaksana program. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan anggaran, kurangnya kesadaran siswa.

English Abstract

This research was conducted to find out implementation of BOSDA program for Poor Students in Brebes District. The BOSDA-Poor Students program is implemented by the Brebes District Government as support for underprivileged students. The implementation of BOSDA-Poor Student Program is done by using Brebes Smart Card (KBC) as the student's control card to obtain the program. Requirements to get KBC should collect Certificate of not capable (SKTM) obtained from the local urban communities (kelurahan). The assistance provided by the Brebes District Government to the underprivileged people in the form of goods (school supplies). The Actors implementing the BOSDA-Poor Student Program include district level officials, namely Education Office, Youth and Sports and school level, i.e. the school itself is assisted by channeling institutions. The purpose of this research is to describe and analyze the implementation of BOSDA-Poor Student Program in Brebes District as well as the supporting and inhibiting factors of BOSDA-Poor Student Program in Brebes District. The research used descriptive method with qualitative approach. This research used interactive data model analysis of Miles, Huberman and Saldana. Data collection was conducted by observation, interview and documentation. The result of this research is that the implementation of BOSDA-Poor Student Program in Brebes District not yet running to its full potential, although the implementation process of the program has been done well but there is no significant change in increasing the Gross Enrolment Ratio (APK) and in reducing the drop out rate. The implementation of the BOSDA-Poor Students program is influenced by several factors namely the supporting and inhibiting factors. Factors supporting the implementation of BOSDA-Poor Students program i.e. good communication and coordination by the actors who impelementing the program. As for the inhibiting factors are budget constraints and lack of student awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/990/051710432
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program, BOSDA-Siswa Miskin, Kartu Brebes Cerdas (KBC).
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:53
Last Modified: 27 Nov 2020 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5504
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item