“Strategi Komunikasi Getok Tular (WOM) Sate Lalat Sebagai Makanan Tradisional Khas Pamekasan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Penjual dan Pembeli Warung Sate Lalat Haji Dodik)

Arista, Adelia Frizky (2017) “Strategi Komunikasi Getok Tular (WOM) Sate Lalat Sebagai Makanan Tradisional Khas Pamekasan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Penjual dan Pembeli Warung Sate Lalat Haji Dodik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi komunikasi pemasaran getok tular (WOM) yang merupakan sebuah sarana perantara antara penjual dan pembeli yang hanya menggunakan getok tular sebagai perantara dalam proses penjualan sate lalat di warung sate lalat Haji Dodik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana getok tular (WOM) menjadi sebuah strategi dalam proses pemasaran sate lalat. Penelitian ini menggunakan getok tular (WOM) sebagai strategi dalam menjalankan usahanya. Dalam penelitian ini peneliti bertanya langsung dengan para informan yang merupakan pembeli sate lalat di warung sate lalat Haji Dodik dan tidak dimanipulasi oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data milik Creswell. Berdasarkan temuan – temuan data di lapangan terdapat lima langkah dalam menjalankan strategi getok tular (WOM). Pertama ciptakan sebuah komunikasi yang baik, kedua buatlah pesan – pesan yang menarik perhatian pembeli. Ketiga relasi antara pembeli dengan teman – teman atau keluarganya akan lebih mempercayai produk berdasarkan pengalaman seseorang yang dikenal. Keempat, daya tarik dalam sebuah produk akan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba sebuah produk yang kelima adalah daya tarik dari produk yang ditawarkan, yaitu sate lalat yang memiliki keunikan sehingga menyebakna orang menjadi tertarik untuk membeli sate lalat.

English Abstract

This research is about strategy of getok tular (WOM) which is considered to have a strong influence as marketing strategy in increasing sales which only use getok tular as an intermediary in the process of selling sate lalat Haji Dodik. The purpose of the study is to describe how the word of mouth (WOM) becomes a strategy in the process of marketing the sate lalat .. This research uses of getok tular (WOM) as a strategy in running their business. Getok tular (WOM) is a direct questioner with informants who are buyers of sate lalat at sate lalat Haji Dodik and not manipulated by researchers. The type of research used is qualitative descriptive research. Informant selection technique using snowball sampling. Data collection techniques used were interviews. Data analysis techniques using Creswell's data analysis techniques. Based on the findings of data in the field there are 5 steps in running strategy of getok tular (WOM). First create a good communication, second create messages to attract buyers. The three relationships between buyers and friends or their family will be more trustworthy of the product based on a known person's experience. Fortunately, the attraction in a product will make consumers more interested in trying a product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1014/051711804
Uncontrolled Keywords: Getok Tular (WOM), Komunikasi Pemasaran, Relasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.224 Verbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:00
Last Modified: 08 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5491
[thumbnail of Adelia Frizky Arista.pdf] Text
Adelia Frizky Arista.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item