Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Rolas Nusantara Mandiri

Rozi, Fachrul (2017) Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Rolas Nusantara Mandiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi Luwak merupakan salah satu produk kopi excellent. Kopi luwak pertama kali ditemukan di Indonesia. Pada awal penemuan kopi luwak, kotoran hewan luwak (Paradoxorus hermaphroditus) didapatkan dari kebun kopi langsung. Seiring berkembangnya zaman dan meningkatnya permintaan kopi luwak maka kotoran luwak tidak lagi didapat dari luwak liar yang berada di kebun namun berasal dari kotoran luwak yang memakan biji kopi di kandang yang telah disediakan produsen kopi luwak. PT. Rolas Nusantara Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang memasarkan kopi luwak arabika dengan merk “Rollaas”. PT. Rolas Nusantara Mandiri memasarkan produknya dengan menerapkan 4P bauran pemasaran. Penetapan harga disesuaikan harga pasar dan biaya produksi, yaitu membangun jaringan penjualan kopi luwak dalam negeri, memberikan potongan harga untuk promosi dan memberikan pengiriman gratis di wilayah kerja perusahaan. Penerapan 4P sejauh ini masih belum memembuhi harapan perusahaan dimana target setiap bulan selam 2015-2016 masih banyak belum tercapai. Dengan itu maka perlu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana 4P yang diterapkan perusahaan dapat berpengaruh terhadap volume penjualan serta keefektivan strategi pemasaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas”, (2) menganalisis strategi pemasaran yang telah diterapkan terhadap volume penjualan Kopi Luwak Arabika “Rollaas”, (3) menganalisis keefektivan strategi pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” yang telah diterapkan PT Rollaas Nusantara Mandiri. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari key informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan terdiri dari: statistik deskriptif, deskriptif kuantitatif. ii Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa variabel berpengaruh adalah variabel harga, distribusi dan promosi. Variabel harga memiliki koefisisen sebesar 0,644. Variabel promosi memiliki koefidien sebesar 0,21 dan variabel distribusi memiliki koefisien sebesar 0,25. Terdapat beberapa faktor penentu pengaruh positif harga terhadap volume penjualan. Nilai positif koefisien harga disebabkan karena baru terjadi satu kali perubahan harga dan belum berpengaruh besar terhadap penjualan. Nilai positif koefisien dapat diartikan bahwa perlu ada penambahan biaya promosi apabila perusahaan ingin melakukan pemenuhan target. Distribusi juga memiliki hubungan positif dengan volume penjualan yang dapat memungkinakan bahwa ketika terjadi penambahan biaya distribusi maka akan menyebabkan penambahan pada volume penjualan. Efektivitas strategi pemasaran yang selama ini diterapkan dapat dilihat dari nilai persentase pemenuhan target. Persentase pemenuhan target didapat dari perbandingan realisasi dengan target yang ditetapkan. Masih banyak target penjualan yang belum dapat terpenuhi pada tahun 2015-2016. Nilai efektivitas tertinggi cenderung berada diawal tahun, hari raya Idul Fitri, Imlek, Natal dan Tahun Baru. Sedangkan efektifitas pada bulan-bulan dipertengahan tahun cenderung memiliki nilai efektivitas yang rendah. Tidak meratanya pencapaian target setiap bulan harus segera diatasi, agar perusahaan dapat mendapatkan pemasukan sesuai harapanatau target. Apabila tidak terpenuhi targetnya maka akan mempengaruhi pendapatan perusahaan.

English Abstract

Kopi Luwak is one of excellent coffee products. Kopi Luwak was first discovered in Indonesia. At the beginning of the discovery of civet coffee, mongoose manure (Paradoxorus hermaphroditus) was obtained from the coffee garden directly. Along with the development of the age and the increasing demand of civet coffee, civet droppings are no longer obtained from wild mongoose in the garden but derived from civet droppings that eat coffee beans in the cage that has been provided civet coffee producers. PT. Rolas Nusantara Mandiri is one of the companies that sell arabica civet coffee with the brand "Rollaas". PT. Rolas Nusantara Mandiri markets its products by applying 4P marketing mix. Pricing adjusted market prices and production costs, which is to build a network of sales of mongoose coffee in the country, provide discounts for promotion and provide free shipping in the company's work area. The implementation of 4P so far has not fulfilled the company's expectation that the target every month during 2015-2016 is still not reached. With that it is necessary research conducted to determine the extent to which 4P applied company can affect the sales volume and effectiveness of marketing strategies undertaken. The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of marketing strategy of Arabica Kopi Luwak "Rollaas", (2) to analyze marketing strategy that has been applied to sales volume of Arabica Kopi Luwak "Rollaas", (3) to analyze the effectiveness of Arabica Kopi Luwak marketing strategy " Rollaas "which has been applied PT Rollaas Nusantara Mandiri. Determination location of research done by purposive (purposive). Sources of data in this study were obtained from key informants. Techniques of collecting data using interviews, observation, documentation, and documents. Data analysis used consisted of: descriptive statistics, quantitative descriptive. The results of this study indicate that influential variables are variable price, distribution and promotion. The price variable has a coefficient of 0.644. Promotion variable has a coefficient of 0.21 and the distribution variable has a coefficient of 0.25. There are several determinants of the positive effect of price on sales volume. The positive value of the price coefficient is due to a one-time price change and has not had a major effect on sales. Coefficient positive values can be interpreted that there needs to be additional promotional costs if the company wants to fulfill the target. Distribution also has a positive relationship with the volume of sales that may allow that when incremental distribution costs will cause an increase in sales volume. The effectiveness of marketing strategy that has been applied can be seen from the value of target fulfillment percentage. The percentage of target fulfillment is obtained from the comparison of realization with the specified target. There are iv still many sales targets that can not be fulfilled in 2015-2016. The highest effectiveness values tend to be at the beginning of the year, Idul Fitri, Lunar New Year, Christmas and New Year. While the effectiveness in the mid-year months tend to have low effectiveness value. The unevenness of achievement of target every month must be solved immediately, so that the company can get income as expected or target. If the target is not met it will affect the company's revenue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/750/051710951
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Strategi, Kopi Luwak, Rollaas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:43
Last Modified: 08 Aug 2022 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5398
[thumbnail of FACHRUL ROZI.pdf] Text
FACHRUL ROZI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item