Analisis Isi Opini Publik Terhadap Berita Pilgub DKI Jakarta 2017 Tentang Kampanye Program Penghentian Reklamasi Teluk Jakarta Oleh Pasangan Anies-Sandiaga Pada Kolom Komentar Kompas.com

Devi Ginting, Winda Chyntia (2017) Analisis Isi Opini Publik Terhadap Berita Pilgub DKI Jakarta 2017 Tentang Kampanye Program Penghentian Reklamasi Teluk Jakarta Oleh Pasangan Anies-Sandiaga Pada Kolom Komentar Kompas.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati opini publik terkait berita kampanye program penghentian reklamasi yang dibuat oleh pasangan Anies- Sandiga pada pemilukada DKI Jakarta 2017. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan analisis content sebagai metode untuk mengkaji dan menganalisa pandangan serta opini publik terhadap program pemberhentian reklamasi yang dipublikasikan pada Kompas.com. Analisis content pada penelitian ini menggunakan model analisis content krippendorff dengan metode pengkategorian (coding) hal tersebut digunakan untuk mencari dan mengindentifikasi opini publik. Dasar teori yang dipakai adalah teori ruang publik (public sphere) Jurgen Habermas. Hasil dari analisis content opini publik terhadap berita kampanye program pemberhentian reklamasi Anies-Sandiaga menunjukkan bahwa kategori opini publik yang paling dominan adalah kategori negatif, dari 342 komentar yang dikaji terdapat 237 komentar yang masuk kedalam kategori negatif. Kecendrungan isi kategori komentar negatif tidak menyetujui program pemberhentian reklamasi yang dibuat oleh Anies-Sandiaga karena reklamasi dinilai penting bagi kemajuan DKI Jakarta, sebagian lagi meremehkan kemampuan politik Anies karena pernah diresuffle sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan dan komentar lainnya hanya bersifat mencela saja. Kolom komentar yang disediakan oleh Kompas.com merupakan salah satu bentuk ruang publik yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam politik.

English Abstract

This research aims to examine public opinion related to campaign about the dismissal of reclaiming program made by Anies-Sandiaga the candidates in election 2017 of governor Jakarta. Based on the purpose of reseach, researcher used content analysis as a method to examine and analyze public opinion about dismissal of the reclamation program which published at Kompas.com. Analysis content of this research use the model of analysis content Krippendorff’s with denomination (coding). It used to find and identify public opinion. Fundamental principle of the theory used a theory public sphere by Jurgen Habermas. Result of analysis content public opinion about campaign about dismissal reclamation program of Anies-Sandiaga in election governor Jakarta shows the most dominant category of public opinion is negative category, 342 of comments that were examined of there are 237 include into negative category. Trend contents of the negative category, public does not agree with disminassal reclamation that made by Anies-Sandiaga because they consider reclamation is important for better Jakarta, some others disparaging political abilities Anies because have been reshuffled as Education and Culture Minister and other comments have only been reproach Anies-Sandiga. Column comments provided by Kompas.com is one of Public sphere which is can increase citizens partisipation in politics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/929/051711262
Uncontrolled Keywords: Opini Publik, Kampanye, Pemberhentian reklamas
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.38 Public opinion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:24
Last Modified: 23 Oct 2020 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5393
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item