Komunikasi Verbal Dan Non-Verbal DalamKomunikasi Persuasi Antara Spg Rokok Agensi “X” Dengan Calon Pembeli (Studi Kualitatif Deskriptif pada SPG Rokok Agensi “X” di Kota Malang

Mahanani, Yoela Sih (2017) Komunikasi Verbal Dan Non-Verbal DalamKomunikasi Persuasi Antara Spg Rokok Agensi “X” Dengan Calon Pembeli (Studi Kualitatif Deskriptif pada SPG Rokok Agensi “X” di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SPG rokok menggunakan komunikasi persuasi untuk menarik perhatian calon pembeli agar membeli produk yang ditawarkan.Dalam komunikasi persuasi ini terdapat komunikasi verbal dan non-verbalyang digunakan ketika berinteraksi dengan calon pembeli.Oleh karena itu, penulis ingin melihat bagaimana komunikasi verbal dan non verbal yang terjadi di lapangan .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi verbal dan non-verbal SPG rokok terhadap calon pembeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan pesan komunikasi verbal dan non-verbal dari SPG rokok terhadap calon pembeli.Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan snowball sampling yaitu informan yang dipilih minimal bekerja selama satu tahun.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analsis Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah adanya KBM atau Key Brand Messages.Dan SPG rokok menggunakan alat peraga berupa gambar untuk mempertegas komunikasi verbal lisan. Sedangkan konsep mengenai komunikasi non-verbal, yang sesuai dengan hasil dan pembahasan adalah gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan paralanguage atau parabahasa, dan sentuhan serta komunikasi artifaktual yaitu affect displays, pitch, inflection, sentuhan terhadap para pelanggan, penggunaan make up dan baju yang berbeda untu setiap brand, jarak dengan kategori jarak intim hingga personal. Adanya temuan bahwa SOP dari SPG, seragam diwajibkan untuk rapih dan terbuka di bagian tangan. Sedangkan untuk tata rias SPG Rokok, dalam SOP diwajibkan untuk menggunakan make up natural untuk kegiatan regular dan bila event, make up yang digunakan sedikit lebih mencolok. Dan adanya pelanggaran SOP yang dilakukan oleh SPG.

English Abstract

Sales Promotion Girl (SPG) of cigarette company use communication persuasion to attract attention buyers to buy products offered .In communication persuasion; there are verbal communication and non-verbal communication that used when interacting with a potential buyer. Hence, writer wants to see how verbal communication and non verbal happens on the field. The propose of this research is to see verbal communication and non-verbal communication between Sales Promotion Girl of cigarette company and buyers. The methods used in this research is descriptive qualitative for describing message verbal communication and non-verbal communication of Sales Promotion Girl and the buyers. Election of the informants be done in snowball and purposive sampling namely informants selected at least work for one year .Technique data collection using semi-structured interviews. Analysis techniques the data used is a technique analsis Miles and Huberman. The result of research is KBM or the key brand of messages. The SPG is using props of images to clarify and reaffirm Oral verbal communication. While the concept of communication non-verbal , according to the results and discussion is a body , facial expressions , and paralanguage, and touch and communication artifaktual that affect displays , pitch , inflection , touch on soliciting clients , the use of makeup and kind of dress for every brand , proximity to the distance to personal intimate. The author find about SPG’s SOP or Standard Operating Procedure. Uniforms are required to be clean and open in hand or arm part. As for the makeup, in the SOP are required to use natural makeup for regular activities and for certains events, make up used a little bolder. And the finding of infringement of SOP conducted by SPG

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/936/051711269
Uncontrolled Keywords: SPG rokok, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non-Verbal.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:38
Last Modified: 22 Nov 2020 12:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5380
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item