Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pie Apel Di UKM Pai Apel Malang

Donar, Winda (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pie Apel Di UKM Pai Apel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM Pai Apel Malang merupakan salah satu perusahaan yang mampu memanfaatkan peluang bisnis di bidang makanan dengan menginovasikan buah apel, yang dikenal sebagai ikon Kota Malang, menjadi sebuah pie apel. UKM Pai Apel Malang menggunakan strategi bauran pemasaran untuk mengenalkan produknya ke masyarakat, namun pada tahun 2016 terjadi penurunan volume penjualan pie apel yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pie apel di UKM Pai Apel Malang. Penelitian dilakukan kepada 50 pengunjung Pai Apel Malang yang sudah pernah merasakan pie apel, yang ditentukan dengan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh paling signifikan, sedangkan variabel lokasi dan produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pie apel. Hasil analisis efek marjinal menunjukkan bahwa ketika dilakukan perbaikan terhadap strategi promosi yang dilakukan perusahaan, maka akan memberikan peluang meningkatnya keputusan konsumen dalam membeli pie apel sebesar 89,89 satuan.

English Abstract

SME Pai Apel Malang is one of the companies which is able to utilizes the business opportunities in food industry by innovating apples, as the icon of Malang, into an apple pie. SME Pai Apel Malang uses marketing mix strategy to introduce its product to the public, but in 2016 there was a significant sales volume decrease of apple pie. The purpose of this research is to determine the influence of marketing mix toward purchasing decision of apple pie at SME Pai Apel Malang. The study was conducted to 50 visitors at SME Pai Apel Malang who have already tasted the pies, which is determined by accidental sampling. Logistic regression analyze is used as the data analysis method. The result shows that promotion and price have a significant influence, while place and product doesn’t have it toward the purchasing decision of apple pie. Marginal effect shows if the company gives any improvement to the promotion, it probably increase the consumer’s purchasing decision of 89,89 units.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/743/051710944
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Logit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:00
Last Modified: 03 Oct 2020 13:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5342
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item