Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pia (Studi Kasus Pia Cap Mangkok Malang)

Hapsari, Marina Diah (2017) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pia (Studi Kasus Pia Cap Mangkok Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan jumlah IKM yang ada di Kota Malang pada tahun 2016 menunjukkan angka yang cukup tinggi khususnya pada produk makanan olahan. Tingkat persaingan antar produk olahan pada akhirnya semakin ketat sehingga menuntut produsen lebih aktif dalam memasarkan produknya baik dari rasa maupun kegiatan promosi. Pia Cap Mangkok merupakan salah satu industri rumahan yang mengolah produk makanan dan menjadi khas Kota Malang. Perusahaan yang telah berdiri selama kurang lebih 55 tahun ini telah mengalami perkembangan dan memiliki nama yang cukup baik di masyarakat. Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang, membuka peluang bagi para pengusaha untuk menciptakan produk serupa yang mengatasnamakan diri sebagai oleh-oleh khas Kota Malang. Hal ini kemudian menjadi tantangan baru bagi Pia Cap Mangkok untuk mengembangkan strategi yang lebih baik demi mempertahankan konsumen yang dimiliki agar produk ini dapat terus berjalan dan tetap menjadi pilihan masyarakat luas. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan, mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Pia Cap Mangkok serta variabel apa yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan di Pia Cap Mangkok outlet semeru dan berlangsung pada bulan April 2017. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang, dimana responden yang digunakan ialah konsumen yang sudah pernah merasakan produk pia mangkok dan ditemui di lokasi penelitian baik sedang membeli atau tidak melakukan pembelian produk pia Pia Cap Mangkok. Data yang digunakan ialah terdiri dari dua jenis data yakni data primer, yaitu data yang diperoleh langsung saat penelitian baik dari konsumen maupun pihak perusahaan. Data yang kedua ialah data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi atau literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif dan indepth interview dengan menggunakan kuesioner semi terstruktur. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ialah analisis regresi logit. Terdapat 4 variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (X1) produk, (X2) harga, (X3) promosi dan (X4) tempat. Keempat variabel ini kemudian dirincikan kembali ke dalam 11 atribut yang dianalisis yakni (X1.1) kualitas produk, (X1.2) kemasan, (X1.3) ukuran, (X1.4) merek, (X2.1) harga produk, (X2.2) kesesuaian harga, (X2.3) perbandingan harga, (X3.1) media iklan, (X3.2) personal selling, (X4.1) lokasi, dan (X4.2) kenyamanan lokasi. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 71,4% variabel bebas mampu menjelaskan pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangan sebanyak 28,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan ke dalam model. Berdasarkan tujuan pertama penelitian, terdapat 3 dari 11 atribut yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga atribut tersebut ialah (X1.1) kualitas produk, (X1.3) ukuran produk, dan (X3.2) personal selling. Sedangkan atribut yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen ialah kualitas produk. Semakin tinggi peningkatan kualitas produk yang dilakukan oleh perusahaan maka peluang konsumen untuk melakukan pembelian juga akan semakin meningkat. Hasil penelitian terhadap keputusan pembelian konsumen ini menunjukkan bahwa responden Pia Cap Mangkok, merupakan konsumen yang loyal. Pemilihan produk yang mereka lakukan didasarkan atas keunggulan kualitas, baik dari segi rasa, tekstur, dan ketahanan produk dibandingkan harga, promosi dan tempat dari Pia Cap Mangkok itu sendiri. Berdasarkan hasil tersebut, pihak perusahaan diharapkan mampu melakukan pengembangan produk baik segi varian rasa antara lain dengan menambah varian rasa baru atau mempertahankan kualitas tidak hanya dari segi rasa melainkan kemasan dan merek.

English Abstract

The development number of SME (Small and Mid-Industries) in the city of Malang in 2016 shows a fairly high number, especially in processed food products. Eventually, the level of competition among processed products become increasingly stringent and demanding the company to be more active in marketing their products both from taste and promotional activities. Pia Cap Mangkok is one of the home industries that process food products and become typical of Malang. The company that has been established for approximately 55 years has been developed and has a good branding in the community. An increase in the number of tourists visiting the city of Malang, disclose opportunities for entrepreneurs to create a similar product in the name of self as a typical souvenir of Malang. This issue finally becomes a new challenge for Pia Cap Mangkok to develop a better strategy in order to retain already owned consumers, so this product can continue to run and remain the choice of the wider community. Therefore, the aim of this study is to see how the influence of marketing mix variables that have been done by the company, able to influence consumer decisions in purchasing Pia Cap Mangkok and to analyse which variable has the most dominant influence on consumer purchasing decisions. This research is done in Pia Cap Mangkok Semeru outlet and took place in April 2017. The sample of this study amounted to 50 people, where respondents used are consumers who ever tasted the pia product and encountered in the location of research whether buying or not to purchase pia products of Pia Cap Mangkok. The data used in this research consisted of two types of data namely primary data, which is obtained directly at the research both from consumers and the company. The second data is secondary data obtained from documentation or literature related to the research topic. Data collection method was done by participant observation and in-depth interview by using semi structured questionnaire. The analytical tool used to answer the research objectives is logit regression analysis. There are 4 variables used in this research that are (X1.1) quality product, (X1.2) packaging, (X1.3) size, (X1.4) brand, (X2.1) product price, (X2.2) price conformity, (X2.3) price comparison, (X3.1) advertising, (X3.2) personal selling, (X4.1) location, and (X4.2) location convenience. The results showed that 71.4% of independent variables were able to explain the influence on purchasing decisions, while 28.6% of purchasing decisions were influenced by other variables not described in the model. Based on the first objective of the study, the results showed that there are 3 of 11 attributes that have a significant effect on purchasing decisions. The three attributes are (X1.1) product quality, (X1.3) product size, and (X3.2) personal selling. The most dominant attribute on consumer purchase decision is product quality. The higher the quality improvement of products made by the company then the opportunity for consumers to make purchases will also increase. The results of this research on consumer purchasing decisions show that the respondents of Pia Cap Mangkok are a loyal consumer. The selection of their products is based on superior quality, both in terms of taste, texture, and product durability compared to the price, promotion and place of Pia Cap Mangkok itself. Based on these results, the company is expected to be able to develop products both in terms of taste variants, such as by adding new flavour variants or maintain quality not only in terms of taste but also in packaging and brand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/354/051707545
Uncontrolled Keywords: Industri Kecil Menengah, Strategi, Pemasaran, Minat Beli, Pia Cap Mangkok
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Nov 2017 03:01
Last Modified: 28 Jun 2022 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5327
[thumbnail of MARINA DIAH HAPSARI.pdf] Text
MARINA DIAH HAPSARI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item