Analisis Sikap Pendekatan Model Multiatribut Fishbein Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sereal Beras Merah Organik Merek Vi-O Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik

Saragih, Diah Permata Sari (2017) Analisis Sikap Pendekatan Model Multiatribut Fishbein Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sereal Beras Merah Organik Merek Vi-O Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan organik saat ini mulai populer dikalangan masyarakat Indonesia yang ditandai dengan meningkatnya konsumsi terhadap makanan organik. Daya tarik utama yang menyebabkan konsumen memilih makanan organik yaitu keyakinan dan kesadaran akan kesehatan. Sereal Beras Merah Organik merupakan salah satu pangan organik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker usus, batu ginjal, sembelit, wasir, beri-beri, insomnia, serta dapat menurunkan kadar gula (diabetes) dan kolesterol. Banyaknya manfaat Sereal Beras Merah Organik bagi kesehatan tubuh akan membuka peluang bisnis bagi produsen makanan organik untuk memasarkan produknya. Salah satu produsen Sereal Beras Merah Organik adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Vigur Organik yang produknya diberi merek dagang Vi-O. Permasalahan yang dihadapi oleh KWT Vigur Organik yaitu permintaan rendah dan mengalami penurunan setiap tahunnya terhadap Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O. Hal ini disebabkan karena produk yang dihasilkan belum sesuai dengan keinginan konsumen dan juga informasi yang kurang meluas sehingga dapat mempengaruhi sikap dan keputusan pembelian konsumen pada Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O yang akhirnya berdampak terhadap penurunan permintaan dan keuntungan yang diterima oleh produsen. Berdasarkan uraian permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji atribut-atribut apa saja yang melekat atau dipertimbangkan pada produk Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O, (2) menganalisis sikap konsumen yang dilihat dari atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen pada Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O, dan (3) menganalisis atribut-atribut sikap (pendekatan model Multiatribut Fishbein) dalam keputusan pembelian konsumen pada Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa KWT Vigur Organik memiliki masalah penurunan permintaan pada makanan organik yaitu Sereal Beras Merah Organik dan juga dikarenakan tempat ini sudah memiliki sertifikasi organik yang legal. Penentuan sampel dilakukan menggunakan metode judgemental sampling yaitu sebanyak 40 sampel atau responden dengan syarat pernah membeli dan mengonsumsi Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O periode Januari hingga April 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur kepada pemilik KWT Vigur Organik, kuesioner semi tertutup untuk responden, dokumentasi, buku-buku literatur, dan jurnal. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan Cochran Q Test untuk menguji atribut yang dipertimbangkan konsumen, pendekatan Multiatribut Fishbein untuk mengukur sikap konsumen dan juga Regresi Logistik ii (model Logit) untuk mengetahui pengaruh atribut sikap terhadap keputusan pembelian Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian diketahui dari 12 sub atribut yang diuji terdapat 6 sub atribut yang lulus Cochran Q Test yang artinya dipertimbangkan konsumen pada Sereal Beras Merah Organik yaitu fungsi produk (X1.1), keandalan produk (X1.3), daya tahan produk (X1.4), ketanggapan layanan (X2.3), keyakinan layanan (X2.4), dan empati layanan (X2.5). Analisis sikap dilakukan menggunakan Multiatribut Fishbein didapatkan mayoritas konsumen sebanyak 23 orang (57.5%) bersikap positif terhadap Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O. Hal ini disebabkan karena responden sudah semakin sadar akan baiknya mengonsumsi pangan organik untuk kesehatan. Sebaliknya terdapat sebanyak 3 orang (7.5%) konsumen bersikap negatif dikarenakan rasa dari Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O yang cenderung pahit sehingga menyebabkan konsumen kurang menyukainya. Terakhir dilakukan analisis Logit untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut-atribut sikap terhadap keputusan pembelian konsumen Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O. Atribut-atribut yang berpengaruh yaitu fungsi produk (X1.1), ketanggapan layanan (X2.3), dan empati layanan (X2.5). Diharapkan produsen dapat meningkatkan atribut fungsi produk seperti menambah varian rasa agar rasa produk tidak begitu pahit, ketanggapan layanan dengan memberikan pelayanan yang cepat tanggap sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh produsen serta konsumen dan juga empati layanan dapat dilakukan dengan menyediakan media kotak saran bagi konsumen untuk mengetahui bagaimana keluhan, kebutuhan atau keinginan konsumen terhadap penjualan produk Sereal Beras Merah Organik merek Vi-O.

English Abstract

Organic food is now gaining popularity among the Indonesian people which is marked by the increasing consumption of organic food. The main appeal that causes consumers to choose organic food is belief and awareness of health. Organic Red Rice Cereal is one of the organic foods that have many benefits for the health of the body and can prevent various diseases, such as colon cancer, urolithiasis, constipation, hemorrhoids, beriberi, insomnia, and can reduce levels of sugar (diabetes) and cholesterol. Many benefits of Organic Red Rice Cereal for the health of the body will open up business opportunities for organic food producers to market their products. One of the producers of Organic Red Rice Cereal is Organic Farmer Group (KWT) Vigur Organik whose products are trademarked Vi-O. The problems faced by Vigur Organik KWT are low demand and decreasing annually to the Organic Red Rice Cereal of Vi-O brand. This is because the resulting product is not appropriate with the wishes of consumers and also information that is less widespread so it can affect consumer purchasing behavior and decisions on Organic Red Rice Cereal Vi-O brand which ultimately affects the decrease in demand and profit received by the manufacturer. Based on the description, this research aims at (1) examining what attributes are attached or considered on the Organic Red Rice Cereal product of Vi-O brand, (2) analyzing consumer’s attitude seen from attributes that consumer consider on Organic Red Rice Cereal Vi-O brand and (3) analyzing attitude attributes (Multiatribut Fishbein’s model approach) in consumer’s purchasing decision on Organic Red Rice Cereal Vi-O brand. This research is a research with quantitative approach. The selection of research location was done deliberately with the consideration that KWT Vigur Organik has a problem of decreasing demand on organic food that is Organic Red Rice Cereal and also because this place already has a legal organic certification. Determination of the sample is done by judgemental sampling with as many as 40 samples or respondents who conditionally ever buy and consume Organic Red Rice Cereal Vi-O brand from January until April 2017. Data collection was done through semi-structured interviews to KWT Vigur Organik owner, semi-closed questionnaires for respondents, documentation, literature books, and journals. The analytical tools used are Cochran Q Test to test the attributes considered by consumers, Multiatribut Fishbein approach to measure consumer’s attitudes and also Logistic Regression (Logit model) to determine the effect of attitude attribute toward buying decision of Organic Red Rice Cereal Vi-O brand. Based on data obtained from the results of the study, it is known from the 12 sub attributes tested, there are 6 sub attributes that pass Cochran Q Test which means considered by consumers on Organic Red Rice Cereal that is product performance (X1.1), product reliability (X1.3), product durability (X1.4), service responsiveness (X2.3), service assurance (X2.4), and service empathy (X2.5). iv Attitude analysis is conducted using Multiatribut Fishbein which found the majority of consumers as many as 23 people (57.5%) is positive toward Organic Red Rice Cereal Vi-O brand. It is because the respondents are more aware of the advantage of consuming organic food for health. Conversely, there are 3 people (7.5%) of consumers behave negatively due to the taste of Organic Red Rice Cereal Vi-O brand that tends to bitter, causing consumers less like it. Last, Logit analysis is performed to find out the influence attitude attributes to consumer’s purchasing decisions of Organic Red Rice Cereal Vi-O brand. The influential attributes are product performance (X1.1), service responsiveness (X2.3), and service empathy (X2.5). It is expected that producers can increase the attributes of product performance such as adding flavor variants so that the taste of the product is not so bitter, the responsiveness of service by providing fast response service in accordance with the time agreed by the producers and consumers and also empathy service can be done by providing media suggestion box for consumers to know the complaints, needs or desires of the consumer against the sale of Organic Red Rice Cereal Vi-O brand product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/350/051707541
Uncontrolled Keywords: Makanan Organik, Kesehatan, Sereal Beras Merah, Model Multiatribut Fishbein, Kelompok Wanita Tani, Minat Beli, Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 18 Products (Rice)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:26
Last Modified: 06 Dec 2022 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5314
[thumbnail of DIAH PERMATA SARI SARAGIH.pdf] Text
DIAH PERMATA SARI SARAGIH.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item