Analisis Relationship Marketing Pada Agroindustri Keripik Kentang CV.Cita Mandiri, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Marisa S, Gracela (2017) Analisis Relationship Marketing Pada Agroindustri Keripik Kentang CV.Cita Mandiri, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pengolahan keripik kentang merupakan salah satu prospek bisnis yang dinilai cukup baik di Kota Batu. Produk keripik kentang juga menjadi salah satu produk unggulan industri di Kota Batu. Peluang bisnis pada agroindustri keripik kentang yang semakin menarik menjadikan banyak pelaku usaha / perusahaan ikut dalam persaingan. CV.Cita Mandiri menjadi salah satu industri yang bergerak di bidang agroindustri keripik kentang sejak tahun 2003. CV.Cita Mandiri menyadari bahwa persaingan pasar yang semakin ketat menjadi hambatan untuk menjalin kerjasama dengan pelanggan dalam jangka panjang. CV.Cita Mandiri dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, harus mampu menerapkan strategi keunggulan bersaing dengan produk sejenis. Penerapan strategi keunggulan bersaing di lingkungan kompetitif bisa dilakukan melalui pendekatan relationship marketing secara khusus. Relationship marketing secara khusus berfokus pada orientasi pemasaran melalui hubungan jangka panjang dengan pelanggan guna menciptakan nilai potensial yang lebih tinggi dari hubungan yang kuat. Relationship marketing antara CV.Cita Mandiri dengan pelanggan perlu dikaji lebih dalam untuk melihat seberapa besar tingkat kerjasama yang telah dicapai antar mitra bisnis, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan terhadap nilai-nilai yang menjamin keberlanjutan bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis relationship marketing antara CV.Cita Mandiri dengan pelanggan, (2) Menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing antara CV.Cita Mandiri dengan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di CV.Cita Mandiri Jl. Trunojoyo No.19-20 Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai bulan April 2017. Metode analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif: ratarata dan distribusi frekuensi. Penelitian ini akan menganalisis tingkat relationship marketing dan tingkat keterikatan relationship marketing pada dua simpul yaitu pelanggan terhadap CV.Cita Mandiri dan CV.Cita Mandiri terhadap pelanggan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepercayaan, komitmen, dan kualitas pelayanan. Hasil analisis relationship marketing pada simpul pelanggan terhadap CV.Cita Mandiri diperoleh tingkat kepercayaan dengan skor rata-rata 29,47 berada pada kategori sedang, artinya pelanggan rata-rata dalam menjalin hubungan kerjasama masih memiliki keraguan terhadap CV.Cita Mandiri. Komitmen dengan skor rata-rata 13.07 berada pada kategori rendah, artinya pelanggan rata-rata masih belum sepenuhnya memiliki kemauan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan CV.Cita Mandiri secara terus-menerus dalam jangka panjang. Kualitas pelayanan memiliki skor rata-rata 45,91 dan berada pada kategori sedang, artinya pelanggan rata-rata masih kurang puas terhadap kinerja yang diberikan oleh CV.Cita Mandiri. Hasil analisis relationship marketing pada simpul CV.Cita Mandiri terhadap pelanggan diperoleh tingkat kepercayaan ii dengan skor rata-rata 34 berada pada kategori tinggi, artinya CV.Cita Mandiri dalam menjalin hubungan kerjasama percaya terhadap pelanggan. Komitmen memiliki skor rata-rata 19 dan berada pada kategori tinggi, artinya CV.Cita Mandiri memiliki kemauan untuk menjalin kerjasama dengan pelanggan secara terus-menerus dalam jangka panjang. Kualitas pelayanan dengan skor rata-rata 49 berada pada kategori tinggi, artinya CV.Cita Mandiri puas terjadap kinerja yang diberikan oleh pelanggan. Tingkat keterikatan relationship marketing di CV.Cita Mandiri dengan pelanggan secara keseluruhan berada pada kategori koordinatif, artinya hubungan kerjasama yang sedang terjalin mulai dipertahankan, antar mitra bisnis mulai mencoba fokus terhadap hubungan kerjasama, aliran informasi yang ada dalam rantai kerjasama semakin berkembang dan mulai terjalin keterbukaan. Saran yang dapat penulis sampaikan untuk CV.Cita Mandiri terkait kepercayaan yaitu sebaiknya CV.Cita Mandiri meningkatkan nilai kepercayaan pelanggan, dengan cara lebih memperhatikan kualitas produk keripik kentang yang dihasilkan, seperti kualitas rasa harus sesuai dengan rasa keripik kentang asli, kemasan yang digunakan sebaiknya kemasan yang tidak transparan atau kemasan aluminium foil, minyak yang digunakan ketika penggorengan minyak yang bermutu baik dan tidak digunakan berulang-ulang, menggoreng dengan suhu 170oC serta penyimpanan dilakukan di tempat yang kering dan sejuk, terhindar dari sinar matahari langsung. Terkait kualitas pelayanan, sebaiknya CV.Cita Mandiri memberika nomor telepon kepada setiap pelanggan, karyawan atau petugas jasa pengiriman produk selalu berpenampilan rapi dan bersih, informasi yang diberikan oleh CV.Cita Mandiri harus relevan, jelas, dan transparan serta CV.Cita Mandiri bersikap lebih ramah, menjalin hubungan yang akrab dan meminimalisir ketimpangan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan satu ke pelanggan lainnya. Terkait komitmen, disarankan agar CV.Cita Mandiri membentuk kerjasama antar rekan bisnis menggunakan sistem kontrak, dengan ketentuan yang telah disepakati bersama dan saling menguntungkan antar mitra bisnis. Tujuan dari kontrak bukan untuk memberatkan melainkan memberikan prioritas pelayanan antar mitra bisnis. Saran yang dapat penulis sampaikan untuk pelanggan terkait kepercayaan yaitu sebaiknya pelanggan mempertahankan keterbukaan dalam menyampaikan informasi yang bersifat kritikal guna kemajuan agroindustri keripik kentang CV.Cita Mandiri. Terkait komitmen, sebaiknya pelanggan mulai memberikan peluang kepada CV.Cita Mandiri sebagai supplier utama produk keripik kentang di toko pelanggan, saling memberikan economic benefit dan non economic benefit selama menjalin hubungan kerjasama. Terkait variabel kualitas pelayanan, sebaiknya pelanggan segera memberikan respon ketika pihak CV.Cita Mandiri menghubungi, melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah ditentukan, sebaiknya pihak pelanggan juga harus selalu berpenampilan rapi dan bersih ketika melakukan transaksi, tetap bersikap sopan dan ramah ketika menyampaikan keluhan, menjalin hubungan baik dan harmonis selama bermitra, memprioritaskan janji yang telah disepakati bersama atau segera mengkonfirmasi ketika terjadi perubahan jadwal bertemu, tetap memberikan informasi yang jelas, relevan dan transparan serta saling mengusahakan agar segera meminimalisir hambatanhambatan yang menjadi penghalang terjalinnya hubungan antar mitra bisnis.

English Abstract

The processing industry of potato chips is one of the business prospects that is considered good enough in Batu. Potato chips products also become one of the industry's flagship products in Batu. Business opportunities in potato chips agro industry which is increasingly attractive make many business actors / companies participate in the competition. CV.Cita Mandiri became one of the industries engaged in potato chips agroindustry since 2003. CV.Cita Mandiri realizes that the increasingly fierce market competition becomes an obstacle to establish cooperation with customers in long term. CV.Cita Mandiri in facing increasingly fierce market competition should be able to apply the strategy of competitive advantage with similar products. Application of competitive advantage strategy in competitive environment can be done through relationship marketing approach in particular. Relationship marketing specifically focuses on marketing orientation through long-term relationships with customers to create higher potential value from strong relationship. Relationship marketing between CV.Cita Mandiri and customers needs to be studied more deeply to see how big the level of cooperation that has been achieved among business partners, so that repair and improvement can be done to the values that ensure long-term business sustainability. Therefore, the purposes of this research are: (1) To analyze the level of relationship marketing between CV.Cita Mandiri with customers (2) To analyze the level of bond in relationship marketing between CV.Cita Mandiri with customers. This research was conducted at CV.Cita Mandiri Jl. Trunojoyo No.19-20 Junrejo, Batu. This research was conducted from March to April 2017. The analytical method used in this research are descriptive statistics: average and frequency distribution. This research analyzes the relationship marketing and level of marketing relationship relevance in two nodes that are customers to CV.Cita Mandiri and CV.Cita Mandiri to customers. Variables used in this research are trust, commitment, and service quality. The analysis result of relationship marketing level on customers node to CV.Cita Mandiri obtained the level of trust with an average score 29,47 is in medium category, it means that average customers are in establishing cooperation relationship still have doubts about CV.Cita Mandiri. Commitment with an average score of 13,07 is in the low category, it means that average customers are still not fully willing to establish a cooperative relationship with CV.Cita Mandiri continuously in the long term. Service quality has an average score 45,91 and it is in medium category, it means that average customers are still less satisfied with the performance was given by CV.Mandiri. The analysis result of relationship marketing level on CV.Cita Mandiri node to customers obtained the level of trust with an average score 34 is in high category, it means that CV.Cita Mandiri is in establishing a confident cooperation relationship to customers. Commitment has an average score 19 and it is in high category, it means that CV.Cita Mandiri has a iv willingness to establish cooperation with customers continuously in the long term. Service quality with an average score 49 is in high category, it means that CV.Cita Mandiri satisfied to the performance was provided by customers. The level of bond in relationship marketing between CV.Cita Mandiri with customers as a whole is in the coordinative category, it means cooperation relationship that is being established began to be maintained, among business partners began to try to focus on cooperation relationship, the flow of information in the chain of cooperation is growing and begins to be open. Suggestions that writers can submit to CV.Cita Mandiri related trust that CV.Cita Mand

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/348/051707539
Uncontrolled Keywords: Agroindustri, Keripik Kentang, Produk Unggulan, Relationship Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:03
Last Modified: 20 Oct 2020 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5307
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)

Actions (login required)

View Item View Item