Sabrina, Ananditha (2017) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Jeruk Lokal Dan Impor Pada Pasar Modern. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buah jeruk merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Masuknya buah jeruk impor ke pasar dalam negeri membuat konsumen buah jeruk memiliki beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli buah jeruk sehingga mempengaruhi preferensi dari konsumen. Buah jeruk yang dijual di pasar tradisional berbeda dengan yang ada di pasar modern dimana buah yang dijual telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Dari hal tersebut konsumen dihadapkan pada pilihan untuk membeli buah jeruk di pasar tradisional atau di pasar modern. Masyarakat cenderung menginginkan tempat belanja buah-buahan yang terjangkau dan tidak memakan waktu seperti pasar modern, tidak hanya itu mereka juga mempertimbangkan faktor kenyamanan dan kebersihan. Pergeseran preferensi konsumen dalam berbelanja telah mendorong pertumbuhan pasar modern. Giant MOG (Mall Olympic Garden) Malang merupakan retail modern yang menjual tidak hanya kebutuhan sehari-hari konsumen saja, akan tetapi juga menjual buah-buahan termasuk buah jeruk. Giant MOG Malang menjual jeruk lokal dan jeruk impor dengan berbagai jenis varietas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis chi square dan multiatribut fishbein. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas konsumen yang membeli jeruk lokal dan impor adalah perempuan, menikah, berusia 21-40 tahun, tamatan pendidikan S1, memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta, dengan tingkat pendapatan ≥Rp.4.000.000. Berdasarkan hasil analisis chi square pada penelitian ini terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap semua atribut-atribut yang ada pada jeruk lokal dan jeruk impor. Adapun atribut jeruk lokal yang menjadi preferensi konsumen adalah yang memiliki harga buah yang sesuai dengan mutu buah, memiliki rasa manis sedikit asam, memiliki ukuran buah sedang, warna buah hijau kekuningan, ketersediaan buah yang selalu tersedia, kesegaran yang memiliki kulit buah bersih dan segar, serta promosi yang diberikan sesuai dengan fakta. Sedangkan atribut jeruk impor yang menjadi preferensi konsumen yaitu harga yang sesuai dengan mutu buah, memiliki rasa buah yang manis, memiliki ukuran buah sedang, warna buah oranye, ketersediaan buah yang selalu tersedia, kesegaran yang memiliki kulit buah bersih dan segar, serta promosi yang diberikan menarik. Berdasarkan hasil analisis menggunakan multiatribut fishbein pada penelitian ini atribut jeruk lokal yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli jeruk lokal adalah atribut kesegaran, sedangkan atribut jeruk impor yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli jeruk impor yaitu atribut rasa.
English Abstract
Oranges fruits most consumed compared to other kinds of fruit. The entry of oranges imports to domestic market has caused consumers oranges have some consideration before deciding to buy oranges so as to affect preference consumer. Orange fruit being sell in a traditional market different to that is in modern markets where fruit sell have met the quality standard set. Of that consumers faced with an option to buy citrus fruit in traditional markets or in the modern market. The community has tended want shopping fruits affordable and not spent many time as modern markets. Not only that they also considered comfort and hygiene factors. Shifting preference of consumers in a shop has been growth in modern markets. Giant MOG (Mall Olympic Garden) Malang is modern retail that sell not only daily needs of consumers course, but also sell fruits including orange fruit. Giant MOG Malang sell local orange and import orange with various types of varieties. Methods used in this research are descriptive analysis, chi square analysis and multiatribut fishbein. Based on the research done it can be seen that the majority of consumers who buy local and import orange are women, married, 21-40 years, undergraduate degree education, have a job as private employees, with level of income about 4.000.000 IDR. According to the analysis chi square on this research there is a difference preference of consumers to all attribute the local orange and orange import. The attribute local orange who became preference of consumers is who has the price of fruit that is consistent with quality fruit, having sweet flavor a little acid, having fruit size is medium, the color of a yellowish green, the availability of fruit that is always available, freshness fruit having skin clean and fresh, as well as promotion given in accordance with fact. While orange import attributes who became preference of consumers namely the price in accordance with the quality of fruit, having the taste is sweet, having fruit size is medium, fruit color is orange, the availability of fruit that is always available, freshness fruit having skin clean and fresh, as well promotion given interesting. According to the analysis using multiatribut fishbein in this research attributes local orange most considered by consumers in buying local orange is an attribute freshness, while attributes orange imports most considered by consumers in buying orange namely the import attributes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/346/051707537 |
Uncontrolled Keywords: | Jeruk Lokal, Konsumen, Minat Beli, Impor, Pasar Modern |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 634 Orchards, fruits, forestry > 634.3 Citrus and moraceous fruits > 634.31 Oranges |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 01:30 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5297 |
Actions (login required)
View Item |