Analisis Pengaruh Harga Produk Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Keripik Semangka Di UD. AGF Kota Batu

Elkana, William (2017) Analisis Pengaruh Harga Produk Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Keripik Semangka Di UD. AGF Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan agroindustri di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar, bahkan dapat menjadi sektor unggulan dalam pembangunan nasional. Agroindustri memberikan sumbangan yang cukup besar bagi perekonomian nasional dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Agroindustri juga berperan dalam penyediaan pangan masyarakat, sehingga menunjang ketahanan pangan nasional. Ketangguhan sektor agroindustri disebabkan karena keunggulannya yang mengutamakan penggunaan bahan baku lokal dan sesedikit mungkin menggunakan komponen impor. Agroindustri berperan sebagai jembatan antara sektor pertanian pada kegiatan hulu dan sektor industri pada kegiatan hilir, khususnya untuk komoditas hortikultura, meliputi: buah-buahan, sayuran dan tanaman hias. Banyaknya agroindustri di Kota Batu membuat UD. AGF Kota Batu harus bersaing dengan perusahaan sejenis. Harga keripik semangka yang ditetapkan oleh UD. AGF Kota Batu menyesuaikan dengan harga bahan baku semangka, dalam artian ketika harga bahan baku semangka naik, maka UD. AGF Kota Batu menaikkan harga jual keripik semangka, sedangkan jika harga bahan baku semangka mengalami penurunan, pemilik perusahaan tidak menurunkan harga keripik semangkanya. Ditambah dengan tidak adanya promosi yang dilakukan oleh UD. AGF Kota Batu untuk menunjang peningkatan penjualan keripik semangka tersebut. Permasalahan ini membuat perusahaan dituntut untuk mempertimbangkan harga yang ditetapkan sebagai harga jual keripik semangka dan promosi yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan keripik semangka yang dilakukan oleh UD. AGF Kota Batu. Penelitian dilakukan di UD. AGF Kota Batu Jl. Raya Sidomulyo No. 55 Kota Batu, Jawa Timur. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive atau sengaja dengan pertimbangan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel terikat yang terdiri dari volume penjualan dan variabel bebas yang terdiri dari harga produk dan biaya promosi. Subjek dalam penelitian ini adalah UD. AGF Kota Batu dan objeknya ialah harga jual, biaya promosi dan volume penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data ini berupa laporan penjualan UD. AGF Kota Batu pada tahun 2016. Sumber data yang akan menjadi bahan analisis dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan variabel harga (X1) dan biaya promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Secara parsial, variabel harga (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Secara parsial, variabel biaya promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Saran penulis kepada UD. AGF Kota Batu bahwa harga keripik semangka Rp 16.000/100 gr tetap dipertahankan karena harga yang telah ditetapkan tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian, tetap melakukan promosi terhadap produk keripik semangka, karena biaya promosi berbanding lurus dengan volume penjualan, artinya penambahan biaya promosi akan meningkatkan volume penjualan keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Bagi peneliti selanjutnya, harap untuk menambahkan variabel tempat (place) dan produk (product) untuk mengetahui apakah variabel tersebut juga berpengaruh terhadap volume penjualan keripik semangka di UD. AGF Kota Batu.

English Abstract

Agro-industry development in Indonesia has enormous potential, it can even become a leading sector in national development. Agroindustry contributes substantially to the national economy and is able to absorb large amounts of manpower. Industrial agriculture also plays a role in the provision of Community food, so the support of national food security. The toughness of agro-industries sector due to the advantages that give priority to the use of local raw material and as little as possible using the import component. Agro-industries serves as a bridge between the agricultural sector in the activities upstream and downstream activities in the industrial sector, particularly for horticultural commodities, include: fruits, vegetables and ornamental plants. The large number of agro-industries in the city of Stone create a UD. AGF stone town to compete with similar companies. The price of the chips watermelon set by UD. AGF Batu City adjust to the price of the raw material in terms of watermelon, as prices of raw materials rose, then watermelon UD. AGF Batu City raised the selling price of watermelon chips, whereas if the price of raw materials has decreased the watermelon, the owner of the company did not lower the price of watermelon chips. Coupled with the lack of promotion done by UD. AGF Batu City to support increased sales of watermelon chips. These problems make the companies are expected to consider the price set as the selling price of watermelon chips and promotion is done to maintain the continuity of his efforts. The purpose of this study was to analyze the influence of price and promotion of watermelon chips to sales volume at UD. AGF Batu City. The study was conducted at UD. AGF Kota Batu Jl. Raya Sidomulyo No. 55 Kota Batu, East Java. Determination of location of research done by purposive or intention with certain consideration. This type of research is a causal study. The variables in this study are dependent variable consisting of sales volume and independent variable consisting of product price and promotion cost. Subjects in this study were UD. AGF Batu City and its object is selling price, promotion cost and sales volume. The data used in this research is quantitative data. This data is a UD sales report. AGF Batu City in 2016. Source of data that will be the material of analysis in this research that is secondary data. The result of this research is simultaneously price variable (X1) and promotion cost (X2) have significant influence to sales volume (Y) watermelon chips in UD. AGF Batu City. Partially, the price variable (X1) has no significant effect on sales volume (Y) watermelon chips in UD. AGF Batu City. Partially, variable of promotion cost (X2) have significant effect to sales volume variable (Y) watermelon chips at UD. AGF Batu City. The author's suggestion to UD. AGF Batu City that the price of watermelon chips Rp 16.000 / 100 gr still maintained because the price has not been determined significant effect on sales volume. Then, keep promotion of watermelon chips product, because the cost of promotion is directly proportional to the volume of sales, meaning that the addition of promotional costs will increase the sales volume of watermelon chips in UD. AGF Batu City. For the next researcher, please add place and product variables to see if the variable also influences the sales volume of watermelon chips at UD. AGF Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/400/051707629
Uncontrolled Keywords: Agroindustri, Perekonomian Nasional, Harga Produk, Biaya Promosi, Penjualan, Keripik Semangka
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 10 Nov 2017 02:07
Last Modified: 28 Jun 2022 00:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5252
[thumbnail of WILLIAM ELKANA.pdf] Text
WILLIAM ELKANA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item