Annisa, Nur Khabibah Rifka (2017) Analisis Kedalaman Perairan Untuk Mengetahui Volume Pengerukan Kolam Dermaga Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelabuhan Tanjung Perak memiliki salah satu dermaga yang paling aktif yaitu Dermaga Nilam. Masalah yang terjadi adalah pendangkalan yang disebabkan karena adanya proses sedimentasi oleh supply sedimen, arus dan aktifitas kapal di sekitar dermaga. Oleh karena itu untuk mengantisipasi risiko yang terjadi maka perlu diadakan suatu survei batimetri untuk kegiatan pengerukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kedalaman Kolam Dermaga Nilam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, untuk mengetahui volume keruk dalam langkah optimalisasi kolam dermaga, dan untuk mengetahui sarat aman kapal yang dapat masuk dan bersandar di Kolam Dermaga Nilam. Hasil dari penelitian ini menunjukan Kolam Dermaga Nilam termasuk kategori perairan dangkal, dimana nilai kedalaman minimal adalah 2,11 meter dan nilai kedalaman maksimal adalah 11,25 meter. Perhitungan volume pengerukan Kolam Dermaga Nilam didapatkan hasil sebesar 23.189,6m3 dengan material dasar laut 82,2% berjenis lumpur dan alat keruk yang cocok digunakan adalah grab dredger. Sarat aman kapal yang pernah masuk di Kolam Dermaga Nilam sebesar 16,4 meter dengan jenis kapal Cair Non BBM.
English Abstract
Nilam is the most active port in Tanjung Perak Harbour. Which has a problem with silting because of sedimentation by sediment supply, flow and activity around the port. Therefore, to anticipate the risks that will be happen bathymetry survey for is needed for dredging activities. The purpose of this study is to knew the depth condition of Nilam Port of Tanjung Perak Harbour Surabaya, the volume of dredge in step of port optimization, and the safe boats darft that can enter and lean in Nilam port. The results of this study indicate, that Nilam port categorized shallow waters, where the minimum depth value is 2.11 meters and a maximum depth value is 11.25 meters. The calculation of the volume dredging was obtained by 23,189.6m3with seabed material 82.2% mud type and suitable dredger used is grab dredger. Safe draft of ship that ever entered at Nilam Port of 16.4 meters with the type of Non Liquid fuel ship.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/305/051705444 |
Uncontrolled Keywords: | Dermaga Nilam, Batimetri, Pengerukan, Sarat Aman Kapal |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 03:25 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 16:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/523 |
Preview |
Text
NUR KHABIBAH RIFKA ANNISA.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |