Social Marketing Penanggulangan HIV dan AIDS untuk Perubahan Perilaku Remaja (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja “Bantara Kencana Remaja” Kel. Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang)

Adlina, Arifka Nanda (2017) Social Marketing Penanggulangan HIV dan AIDS untuk Perubahan Perilaku Remaja (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja “Bantara Kencana Remaja” Kel. Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganlisis social marketing pada program PIK – KRR Bantara Kencana Remaja sebagai upaya mencegah dan menanggulangi HIV dan AIDS di kalangan remaja Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Peneliti berfokus pada analisis social marketing (yang mencakup analisis lingkungan, perilaku target adopter, segmenting, targeting, positioning, tujuan, prinsip dan marketing mix) dan behavior change communication (BCC) pada program unggulan PIK-KRR Bantara Kencana Remaja yaitu Program TRIAD KRR, budidaya tanaman organik dengan metode Hidroponik, serta Forum Anak se-Kelurahan Tanjungrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didefinisikan oleh Bogdan dan Biklen (dalam Sugiyono, 2008, h.13), yaitu dilakukan pada kondisi yang alamiah, langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrumen kunci, lebih bersifat deskriptif, data yang terkumpul berbentuk kata – kata atau gambar sehingga tidak menekankan pada angka, analisis data dilakukan secara induktif, Penelitian ini menggunakan model analisis oleh Miles & Huberman (2014, h.16) yang diantaranya ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social marketing yang dilakukan PIK-KRR Bantara Kencana yakni melalui upaya personal selling, pendekatan personal, pull strategy, push strategy, event hingga pemanfaatan multi-level channel termasuk new media (internet). Kesadaran remaja untuk menjaga diri dari segala ancaman TRIAD KRR (napza, seks bebas, HIV/AIDS) dengan tidak mabuk-mabukan, berjudi, narkoba bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain menunjukkan jika terdapat perubahan perilaku yang cukup signifikan baik dari segi kognitif (knowledge), afektif (believe), dan psikomotor (behavior)

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/917/051711250
Uncontrolled Keywords: Social Marketing, Penanggulangan HIV dan AIDS, PIK - KRR
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2017 06:46
Last Modified: 30 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5196
[thumbnail of bagian depan.pdf] Text
bagian depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Arifka Nanda Adlina..pdf] Text
Arifka Nanda Adlina..pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item