Pengaruh Te rpaan Tayangan Film melalui Rute Periferal dalam Elaboration Likelihood Model terhadap Brand Loyalty pada Brand Community (Studi Eksperimental Terpaan Tayangan Film Harry Potter terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas IndoHogwarts)

Gutomo, Alvinia Yuliareza (2017) Pengaruh Te rpaan Tayangan Film melalui Rute Periferal dalam Elaboration Likelihood Model terhadap Brand Loyalty pada Brand Community (Studi Eksperimental Terpaan Tayangan Film Harry Potter terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas IndoHogwarts). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan film melalui rute periferal dalam Elaboration Likelihood Model (ELM) terhadap brand loyalty pada brand community. Metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang dipilih adalah posttest only control design dengan membagi dua kelompok sampling, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Tayangan film Harry Potter and The Orde of Phoenix adalah treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 200 orang dari anggota Komunitas IndoHogwarts di Kota Malang dan Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) karena ingin mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel tergantung, hubungan indikator dengan variabel, dan hubungan item pernyataan dengan indikator. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konsep variabel dan indikator yang terbentuk sesuai dengan hasil confirmatory factor analysis (CFA). Namun tetap diperlukan modifikasi agar model struktural memenuhi goodness of fit. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terpaan dan peripheral cues memiliki pengaruh terhadap brand community dan brand loyalty, serta brand community memiliki pengaruh terhadap brand loyalty. Indikator pada variabel laten eksogen dan endogen mempunyai hubungan yang baik dengan masing-masing indikatornya. Teori ELM sudah mampu menjelaskan sebab-sebab sikap loyalitas merek pada individu ketika diberi terpaan tayangan film. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap kajian film studies dengan melihat perilaku menonton yang berpengaruh terhadap perubahan sikap. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan mengenai proses konsumsi individu pada produk media, berupa film.

English Abstract

This research aims to know the effect of exposure to movies through peripheral route in the Elaboration Likelihood Model (ELM) against brand loyalty on brand community. The method of this research is quantitative using experimentation method. The shape of the experimental design chosen is posttest only control design by dividing two groups of sampling, control and experimental group. Harry Potter and The Order of the Phoenix movie is the treatment given to the experimental group. Questionnaires are used for data collection. The sample of this research is the 200 people from members of IndoHogwarts Community in Malang and Surabaya. Data analysis technique used is a Structural Equation Modeling (SEM) because it aims to know the effect of independent variables towards the dependent variable, the relationship between the indicators and variables, and the relationship between quesionairre items and indicators. The analysis of the data showed that the concept of variables and indicators that are formed are match with the results of confirmatory factor analysis (CFA). But modification still required in order to find the structural model goodness of fit. The results of the analysis of the data showed that the exposure and peripheral cues have an impact on brand community and brand loyalty, and brand community have influence on brand loyalty. The indicator on the latent exogenous and endogenous variables have a good relationship with each indicators. The theory of the ELM was already able to explain the reasons for the attitude of loyalty to individual brands when given exposure to movies. This research also contributed to the study of film studies by looking at the behavior of watching that effect change in attitude. In addition, the study also describes the process of individual consumption on the media product, in the form of films.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/457/051705279
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model (ELM), Terpaan, Film Studies, Ekonomi Media, Loyalitas Merek, Structural Equation Modelling (SEM).
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:52
Last Modified: 21 Oct 2020 04:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/518
[thumbnail of Alvinia Yuliareza Gutomo.pdf]
Preview
Text
Alvinia Yuliareza Gutomo.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item