Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Customer retention (Analisis pada Salesman dan Pelanggan Repeat order di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam).

Putri, Aulia Erzha (2017) Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Customer retention (Analisis pada Salesman dan Pelanggan Repeat order di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana komunikasi antar pribadi meningkatkan customer retention antara salesman PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam dengan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data in-depth interview. Peneliti memilih informan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Informan dalam penelitian ini adalah salesman yang sudah lebih dari 2 tahun bekerja di Toyota, dan informan pendukung yaitu customer yang telah melakukan repeat order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salesman yang menerapkan komunikasi antar pribadi dalam melakukan keahlian penjualan berhasil membangun hubungan yang lebih intim dengan customernya. Hubungan yang lebih intim itu yang memberikan dampak kepada suksesnya program customer retention di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam. Ketimpangan penjualan disebabkan oleh kurang maksimalnya kemampuan komunikasi antar pribadi yang dimiliki masing-masing salesman di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa komunikasi antar pribadi mempengaruhi kredibilitas, trustworthiness, daya tarik, kompetensi dan pendekatan emosional salesman ketika berhadapan dengan customer. Kelebihan tersebut yang membuat salesman dapat menjalin hubungan yang lebih intim untuk meningkatkan customer retention.

English Abstract

This study aims to identify and analyze How does interpersonal communication improving customer retention between PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam’s salesman and their customers. This study uses qualitative descriptive method with in-depth interview as its data collection techniques. Researcher choses informants by using purposive sampling and Miles and Huberman as its data analysis techniques consists of data reduction, data presentation and verification.informants in this study consists of salesman who already work in Toyota for 2 years, and customer repeat order as supportive informant. The results of this study shows that salesmen who applied interpersonal communication in selling skill manage to build intimate relationship with their customer. Intimate relationship between salesman and customers gives impact to the success of Customer retention Program in PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam. Inequality sales in PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam is caused by lack of interpersonal communication skill. Researcher conclude that interpersonal communication in selling skill affects credibility, trustworthiness, attractiveness and emotional approach of salesmen when dealing to customer. Those advantages make salesmen easily lead customer to have an intimate relationship and improving customer retention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/456/051705278
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Persuasif, Customer retention, Intimate relationship, Keahlian Menjual, Salesman
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:48
Last Modified: 05 Dec 2020 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/516
[thumbnail of Putri, Aulia Erzha.pdf] Text
Putri, Aulia Erzha.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item