Studi Batimetri Dan Hidro-Oseanografi Pelabuhan Benoa Bali Untuk Rencana Pembangunan Pelabuhan Dan Pengerukan Kolam Dermaga

Prasetyoaji, Rahmat (2017) Studi Batimetri Dan Hidro-Oseanografi Pelabuhan Benoa Bali Untuk Rencana Pembangunan Pelabuhan Dan Pengerukan Kolam Dermaga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan berkepentingan sebagai penunjang kegiatan ekonomi dan pemerintahan, didasarkan fungsi tersebut Pelabuhan Benoa akan dikembangkan dengan perencanaan pembangunan pelabuhan tambahan baru dan harus dilakukan proses pengerukan. Pentingnya mengetahui faktor-faktor teknis seperti pasang surut, arus, gelombang, dan terutama batimetri dasar laut menjadi sangat penting untuk menjadi dasar pengambilan keputusan untuk pembangunannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik batimetri Pelabuhan Benoa, mengidentifikasi faktor hidro-oseanografi yang mempengaruhi pelabuhan, dan mengetahui nilai volume keruk sebagai langkah pengambilan tindakan pengerukan dalam menunjang rencana pembangunan. Batimetri pelabuhan Benoa menunjukan bahwa daerah pelabuhan ini termasuk pelabuhan dangkal dengan kontur yang landai. Faktor hidro-oseanografi yang mendominasi dan sangat berpengaruh adalah pasang surut karena termasuk wilayah intertidal, dengan tipe harian ganda, sedangkan untuk faktor lain yaitu arus dan gelombang yang tergolong memiliki kecepatan dan tinggi yang rendah. Hasil menunjukan wilayah Benoa aman untuk dibangun Pelabuhan dan perlu tindakan pengerukan dalam perencanaan pembangunannya. Volume yang akan dikeruk sebesar 2.936.792,3 m3 dengan jenis material berupa pasir dengan sedikit lumpur dan alat keruk yang digunakan adalah alat Grab Dredger

English Abstract

Harbour has an interest in supporting economic and governmental activities, based on these functions. The Benoa port will be developed with new additional port development planning and dredging process. The importance of knowing technical factors such as tidal, currents, waves, and especially bathymetry to be the basis for decision-making for its development. The purpose of this research is to know the bathymetry characteristics of Benoa Port, to identify the hydro-oceanography factor affecting the port, and to know the value of dredge volume as a step to take the dredging action in supporting the development plan. Bathymetry of Benoa harbour showed, that this port area including shallow port with a sloping contour. Hydrooceanographic factors that dominate and very influential in the Benoa area is tidal as it includes the intertidal zone, with semidiurnal daily types, whereas for other factors that current and wave are classified as low. The results showing that the Benoa area is safe for Ports construction and needs to be dredged in its development planning. The volume to be dredged is 2,936,792.3 m3, with the type of material is sand with a little mud and the dredger used is Grab Dredger

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/304/051705443
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 21 Jul 2017 08:21
Last Modified: 01 Dec 2022 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/513
[thumbnail of RAHMAT PRASETYOAJI.pdf] Text
RAHMAT PRASETYOAJI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item