Strategi Kampanye Komunikasi Publik WWF-Indonesia dalam Kampanye #Beliyangbaik untuk Meningkatkan Kesadaran terhadap Produk Ramah Lingkungan.

Kurniasih, Dian (2017) Strategi Kampanye Komunikasi Publik WWF-Indonesia dalam Kampanye #Beliyangbaik untuk Meningkatkan Kesadaran terhadap Produk Ramah Lingkungan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelestarian sejumlah ekosistem bumi mengalami ancaman serius akibat aktivitas konsumsi manusia terhadap sumber daya alam. Oleh karena itu, perlu diadakan upaya penyadaran kepada masyarakat atau publik salah satunya dalam bentuk kampanye komunikasi publik sebagaimana yang dilakukan oleh WWF-Indonesia dalam kampanye #BeliYangBaik untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye komunikasi publik WWF-Indonesia dalam kampanye #BeliYangBaik untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk ramah lingkungan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan melakukan wawancara mendalam kepada lima orang informan yang terdiri dari Footprint Campaign Coordinator, Oil Palm Smallholder Officer, Technical Support & Monitoring Coordinator, Research and Monitoring (Tiger and Elephant) Module Leader, dan staf Research and Monitoring (Tiger and Elephant). Adapun data sekunder berasal dari berita kampanye yang dimuat dalam media dan arsip lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi kampanye komunikasi publik WWFIndonesia yaitu melakukan identifikasi permasalahan yang terjadi di alam, menentukan target audience kampanye yang terdiri dari target utama (masyarakat urban) dan target sampingan (masyarakat umum-non urban), menentukan tujuan kampanye yaitu untuk memberikan edukasi, informasi dan persuasi agar masyarakat atau publik menerapkan green lifestyle sebagai gaya hidup, mengajak masyarakat atau publik untuk terlibat dalam upaya konservasi, menetapkan isi kampanye dengan cara yang kreatif dan sederhana seperti digunakannya tagar (simbol #) dan melibatkan publik figure maupun bermitra dengan perusahaan yang telah menerapkan prinsip berkelanjutan, serta menggunakan media online yang banyak diakses oleh masyarakat atau publik.

English Abstract

The sustainability of a number of Earth's ecosystems poses a serious threat due to human consumption activity on natural resources. Therefore, it is necessary to make awareness efforts to the public or the public one of them in the form of public communication campaign as conducted by WWF-Indonesia in campaign #BeliYangBaik to raise awareness of environmentally friendly products. This study aims to find out how WWF-Indonesia public communication campaign strategy in campaign #BeliYangBaik to raise awareness of environmentally friendly products. This research approach using descriptive qualitative approach with primary and secondary data collection. The primary data was obtained by conducting in-depth interviews with five informants consisting of Footprint Campaign Coordinator, Oil Palm Smallholder Officer, Technical Support & Monitoring Coordinator, Research and Monitoring (Tiger and Elephant) Module Leader, and Research and Monitoring staff (Tiger and Elephant) . The secondary data comes from campaign news published in media and other archives. The results show that WWF-Indonesia public communication campaign strategy is to identify the problems that occur in nature, to determine the target audience of campaigns consisting of the main target (urban community) and side target (general public-non urban), determine the purpose of the campaign is to provide education, information and persuasion in order for the public or the public to apply green lifestyle as a lifestyle, invite the public or the public to engage in conservation efforts, define campaign content in a creative and simple way such as the use of tagar (symbol #) and involve public figures as well as partnering with companies who have implemented sustainable principles, and use online media that are widely accessible by the public or the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/822/051711156
Uncontrolled Keywords: WWF-Indonesia, produk ramah lingkungan, kampanye #BeliYangBaik.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:31
Last Modified: 09 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5122
[thumbnail of 1.BAGIAN DEPAN.pdf] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (92kB)

Actions (login required)

View Item View Item