Kustriyanti, Sri (2017) Perilaku Partisipasi Berkelanjutan Anggota Komunitas Virtual Dalam Perspektif Kebergunaan Dan Sosiabilitas (Studi Pada Komunitas Belajar Di Facebook). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku partisipasi berkelanjutan anggota komunitas virtual dalam perspektif kebergunaan dan sosiabilitas. Jenis penelitian yang digunakan saat ini adalah explanation research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online pada anggota dari berbagai grup belajar di Facebook dengan menggunakan metode Snowball. Data yang berasal dari 116 responden akhirnya diolah dengan menggunakan SEM-PLS (Software SmartPLS). Temuan penelitian membuktikan bahwa Kebergunaan berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kegembiraan dan Rasa Memiliki. Faktor Sosiabilitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kegembiraan dan Rasa Memiliki. Selanjutnya Persepsi Kemanfaatan dan Rasa Memiliki berpengaruh signifikan terhadap Niat Partisipasi Berkelanjutan sedangkan Persepsi Kegembiraan berpengaruh tidak signifikan. Hal ini bermakna bahwa ketika seseorang menjadi anggota komunitas virtual dengan tujuan belajar maka faktor kemanfaatan dari segi mendapatkan ilmu dan pengetahuan lebih penting dibandingkan faktor mendapatkan kegembiraan walaupun masuk menjadi anggota secara sukarela dan tidak ada paksaan. Temuan ini berbeda dengan penelitian perilaku partisipasi berkelanjutan yang diterapkan pada komunitas virtual yang bertujuan leisure-oriented (hobi) yang menunjukkan Persepsi Kegembiraan berpengaruh signifikan sedangkan Persepsi Kemanfaatan tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Partisipasi Berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut maka bisa dikatakan bahwa Persepsi Kemanfaatan lebih penting dalam komunitas belajar virtual dibandingkan Persepsi Kegembiraan yang berlaku sebaliknya untuk komunitas virtual leisure-oriented. Pada akhirnya, Niat Partisipasi Berkelanjutan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Partisipasi Berkelanjutan. Berdasarkan penelitian maka disarankan pada pendiri dan pengelola komunitas virtual di Facebook untuk menuliskan secara jelas tujuan dan kebijakan sebagai pedoman untuk komunikasi dan interaksi anggota dalam komunitas virtual. Sebaiknya anggota komunitas virtual mengetahui, memahami dan mematuhi tujuan dan kebijakan yang ditetapkan. Masyarakat umum bisa mengoptimalkan pemanfaatan komunitas virtual untuk meningkatkan kualitas diri secara mandiri melalui akses pengetahuan dalam grup belajar.
English Abstract
This study aims to address factors in continuous participation behavior of virtual community members in usability and sociability perspective. The type of current research is explanation research. Based on a survey online of 116 learning community members on Facebook and snowball method, this study uses structural equation modeling aproach with SmartPLS software. The findings indicate that Usability have significant effect on the Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment and Sense of Belonging. Further, the result show that Sociability have significant effect on the Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment and Sense of Belonging. While Perceived Usefulness and Sense of Belonging have signficant effect on Continuous Participation Intention, and the other side Perceived Enjoyment have insignificant effect. It shows that when a person becomes a member of virtual community to learn something, the perceived usefulness factors in terms of obtaining science and knowledge are important more than perceived enjoyment. Despite being a volunteer member and no coersion. This finding is contradictory to previous study about continuous participation behavior in virtual communities for leisure-oriented (hobbies). It shows that perceived enjoyment has significant effect on continuous participation instead of perceived usefulness has no significant effect. According to this results, it shows that perceived usefulness more important than perceived enjoyment in virtual learning community context and vice versa for the virtual community leisure-oriented. Based on the study result, Continuous Participation Intention have significant effect on Continuous Participation Behavior. It can be concluded that virtual community succes determined by continuous participation behavior of the members. It is important for the founder and admistrator of virtual community on Facebook to write down the objectives and policies as a guide for interaction and communication among members. It is recommended for members to know, understand and follow the objectives and policies. The society can optimize virtual community utilization to improve self quality independently through knowledge access in the learning groups.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/302.302 85/KUS/p/2017/041709066 |
Uncontrolled Keywords: | ONLINE SOCIAL NETWORKS, INTERNET - SOCIAL ASPECTS, COMPUTER NETWORKS - SOCIAL ASPECTS |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 08:52 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 01:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5098 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (983kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (504kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (674kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (842kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |