Isnainy, Tiffany Fauzia (2017) Implementasi Pelayanan Satu Hari Jadi (One Day Service / ODS) Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Perizinan (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian tentang Implementasi Pelayanan Satu Hari Jadi (One Day Service / ODS) sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon ini dilakukan berdasarkan menurunnya indeks kepuasan masyarakat Kota Cilegon terhadap pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Cilegon. Hal tersebut membuat Walikota Cilegon mengeluarkan Surat Keputusan Walikota Cilegon Nomor : 503/Kep.93-DPMPTSP/2017 tentang Percepatan Pelayanan Perizinan tertentu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang cepat, tepat dan transparan. Sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik yang cepat, tepat dan transparan, serta telah di tetapkannya Keputusan Walikota Cilegon tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Cilegon mengeluarkan kebijakan pelayanan satu hari jadi atau One Day Service (ODS) yang diatur dalam Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nomor : 503/041/DPMPTSP/2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Percepatan Pelayanan Perizinan Tertentu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon. Dengan adanya pelayanan One Day Service maka di harapkan akan mempermudah pelayanan di bidang perizinan, mewujudkan harapan masyarakat pengguna layanan di bidang perizinan, mempersingkat alur birokrasi pelayanan di bidang perizinan serta mewujudkan komitmen DPM PTSP kota Cilegon dengan memberikan pelayanan perizinan yang cepat, mudah, dan transparan. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti memilih fokus implementasi yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon untuk meningkatkan pelayanan perizinan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis implementasi pelayanan satu hari jadi atau One Day Service (ODS) sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Cilegon serta untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pelayanan satu hari jadi atau One Day Service (ODS) sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Cilegon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, cacatan lapangan, dan alat-alat penunjang seperti handphone dan camera. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa implementasi pelayanan satu hari jadi atau One Day Service (ODS) yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon sudah sesuai dengan model implementasi teori S Grindle karena didalamnya ada tujuan dan manfaat dalam meningkatkan layanan perizinan yang sudah diatur dalam perundang-undangan. Faktor pendukung adalah dukungan antar pegawai DPM PTSP Kota Cilegon dalam memberikan pelayanan, dukungan sarana dan prasarana yang tersedia, serta bantuan dari radio, majalah TERAS, dan Koran RADAR BANTEN dalam menyebarkan informasi pelayanan satu hari jadi atau One Day Service (ODS). Faktor penghambat adalah kecepatan pelayanan yang masih rendah serta masih sering ditemukan adanya perubahan data pada berkas pemohon daftar ulang, yakni perubahan alamat perusahaan dan nama direksi.
English Abstract
The background of research on the implementation of One Day Service (ODS) to improve licensing service was based on declining of public satisfaction index against the service at the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon. It made the Mayor of Cilegon released the Decision Letter of The Mayor of Cilegon number: 503/Kep.93-DPMPTSP/2017 about the Acceleration of Certain Licensing Services at the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon to improve a quick public service, right, and transparent. To improve a quick public service, right, and transparent, and have been assigned that the Decision Letter of the Mayor of Cilegon, the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon was released the policy of One Day Service (ODS) that arranged in the Decision Letter of Head of the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon number: 503/041/DPMPTSP/2017 about the Technical Instructions of the Implementation of the Acceleration of Certain Licensing Services at the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon. There is a One Day Service expected will simplify of service in the field of licensing, realizing the expectations of users of services in the field of licensing, shorten the flow of service bureaucracy in the field of licensing and realizing the commitment the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon to give a quick public service, right, and transparent. Taking this into account, the author focused on the implementation of One Day Service (ODS) by the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon. The research was aimed to understand, describe, and analyze the implementation of One Day Service (ODS) by the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon, and also the factor supporting and constraining the implementation of One Day Service (ODS) by the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon. Type of research was descriptive with quality approach. Data source involved primary and secondary data. Data collection techniques include interview, observation, and documentation. The instrument of research were the author, the manual of interview, field note, and handphone and camera. In analyzing research data, the author applied the method used by Miles, Huberman, and Saldana. Result of research indicated the implementation of One Day Service (ODS) by the Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon was already accordance to the implementation model in Grindle theory because there is purpose and benefits to improve licensing services that was already set in the legislation. The supporting factor was supported between employees of Department of Capital Investment and One Stop Service of Cilegon to give a public service, support by the facilities and infrastructure, and the help of the radio, the TERAS’s magazine, and the RADAR BANTEN’s newspaper in spreading the information of One Day Service (ODS). The constraining factor was the speed of service is still low and there’s still often found in the change of data in the file requester.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/456/051706122 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Layanan Perizinan, One Day Service |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.8 Public administration of general forms of control > 352.84 Licensing, accreditation, certification, chartering, registration; incorporation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 07:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 14:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5070 |
Actions (login required)
View Item |