Christiantoro, Tito Delfi (2017) Strategi Marketing Politik Pasangan H. Rudi Dan Sujono Djonet Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Batu 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Marketing politik bisa dikatakan sebagai sarana mengenalkan pasangan calon kepada khalayak umum yang dilakukan secara berangsur-angsur dalam proses kampanye pemilukada. Pentingnya peran marketing politik membuat para kandidat berlomba-lomba dalam mengimplementasikan strategi marketing politik sebagai kunci sukses dalam pemenangannya. Mengacu pada hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang strategi pemenangan Pasangan Rudi-Sujono dalam upaya meraih dukungan masyarakat pada proses Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Periode 2017 - 2022.Strategi marketing politik yang pertama dilakukan pasangan Rudi-Sujono dalam Pilwali Kota Batu 2017 dengan menggunakan komunikasi politik atau disebut positioning untuk menanamkan citra tertentu kepada calon pemilih. Perlunya membangun citra dan kesan positif di masyarakat terhadap pasangan calon, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui siapa pasangan calon serta memahami apa yang ditawarkan oleh pasangan calon hingga nantinya bersedia memberikan suaranya kepada pasangan tersebut. Penerapan strategi marketing yang selanjutnya adalah dengan push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Saran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bagi pasangan calon yang akan datang harus mempersiapkan strategi marketing politik yang matang dan bijaksana. Penggunaan media kampanye baik cetak maupun elektronik perlu dimaksimalkan dalam rangka memberikan gambaran kepribadian dan dan sosok dari seorang calon pemimpin bagi masyarakat sebagai konstituen. Bagi tim pemenangan adalah penting untuk tetap menjaga komunikasi dan kerjasama antar unsur didalam tim pemenangan dalam proses pemilihan yang sedang berlangsung. Sebab dengan strategi marketing politik yang baik dan didukung oleh tim pemenangan yang kompak dan bekerja secara maksimal, bukan tidak mungkin pasangan awalnya tidak dikenal oleh masyarakat bisa memperoleh suara dukungan dari masyarakat dan bahkan keluar sebagai pemenang.
English Abstract
Political marketing can be said as a means of introducing candidate pairs to the general public which is done gradually in the process of election campaign. The importance of the role of political marketing makes the candidates competing in implementing political marketing strategy as the key to success for winning. Referring for this, the researcher conducted research on strategy of winning Rudi-Sujono Pairs in an effort to gain public support for election of Mayor and Deputy Mayor of Batu for 2017 – 2022 period.The first political marketing strategy was done by Rudi-Sujono's pair in Election of Mayor 2017 by using political communication or commonly called positioning to instill a certain image to prospective voters. The need to build a positive image and impression in the community of candidate pair are to helping people know more and know who the candidate pair and understand what is offered by the candidate pairs until later willing to vote to the couple. Implementation of the next marketing strategy is to push marketing, pull marketing, and pass marketing.Suggestions generated in this study is for future pairs of candidates must prepare a mature and wise political marketing strategy. The use of both print and electronic campaign media needs to be maximized in order to provide a picture of the personality and and the figure of a potential leader for the community as a constituent. For the winning team it is important to keep communication and cooperation between elements within the winning team in the ongoing electoral process. Because with a good political marketing strategy and supported by a compact winning team and work optimally, it is not impossible that the initial pair is not known by the public can get a high voice of support from the community and even come out as the winner.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/857/051711190 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Pemilihan Walikota, Pasangan Rudi-Sujono. |
Subjects: | 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns > 324.72 Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 01:23 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5022 |
Text
tito delfi christiantoro.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |