(Studi Kasus: Pembebasan Lahan Jalan Tol Malang-Pandaan di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang).

Tarigan, Sue Suranta Billeam (2017) (Studi Kasus: Pembebasan Lahan Jalan Tol Malang-Pandaan di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pakis Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab konflik dan peranan pemerintah dalam upaya penyelesaian konflik sosial pembangunan jalan tol. Metode yang digunakan peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini mengunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data: Wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dengan bentuk induksi deduksi,dan penarikan kesimpulan. Perkembangan pembangunan jalan tol menjadi masalah apabila akses pembangunannya melewati kawasan pemukiman penduduk, muncul konflik antara warga dengan pihak proyek pengadaan tanah untuk membangun jalan tol Malang-Pandaan. Konflik berawal ketika adanya sosialisasi dari pemerintah mendatangi satu persatu rumah yang akan terkena proyek jalan tol untuk bernegoisasi harga dengan pemilik rumah. Harga yang ditawarkan ketika itu tidak sesuai dengan kehendak warga. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis konflik sosial warga Kecamatan Pakis dalam pembangunan jalan tol Malang-Pandaan, reaksi warga dengan penawaran yang dilakukan pihak proyek serta pengaduan warga pada Pemerintah untuk turun tangan memberikan solusi yang tepat bagi warga yang terkena proyek jalan tol. Berdasarkan hasil penelitian terhadap konflik yang terjadi antara warga dengan pemerintah mengakibatkan konflik sosial yang realistis, warga bersikukuh tidak bersedia memebebaskan lahannya untuk pembangunan jalan tol dengan berbagai alasan karena merasa dirugikan. Namun yang menjadi penyebab utama adalah belum adanya kesepakatan harga yang disetujui oleh warga dari pemerintah. Warga yang berkonflik tersebut terbentuk solidaritas atau integrasi yang juga mempengaruhi warga lain supaya tidak menyepakati harga yang ditawarkan. Proses penyelesaian ganti rugi dimusyawarahkan melalui konsolidasi yang merupakan titik terakhir dari pengaduan warga mengenai harga yang diinginkan.

English Abstract

This research explains about social conflict of development of toll road of Pakis sub-district of Malang Regency. Purpose of this study to determine the factors causing conflict and the role of government in efforts to solve social conflict of toll road development. The method used by researchers in completing this thesis using qualitative descriptive with data collection techniques: Interview, documentation and observation. Analytical techniques used are data condensation, data presentation with the form of induction deduction, and conclusion. The development of toll road development becomes a problem if the access of development passes through the residential area, there is a conflict between the people with the land procurement project to build the toll road Malang-Pandaan. Conflict began when the socialization of the government came to one house at a time to be hit by a toll road project to negotiate the price with the homeowner. The price offered when it is not in accordance with the will of the citizens. This research was conducted to analyze social conflicts of Pakis residents in Malang-Pandaan toll road development, people's reaction with bids made by the project parties and citizen complaints to the Government to intervene to provide the right solution for people affected by the toll road project. Based on the results of research on the conflict between citizens and the government resulted in realistic social conflicts, residents insisted not to liberate their land for the construction of toll roads for various reasons because they feel disadvantaged. But the main cause is the absence of a price agreement approved by citizens of the government. The conflicted citizens are formed solidarity or integration that also affect other citizens in order not to agree on the price offered. The process of settlement of compensation is discussed through consolidation which is the last point of citizen complaints regarding the desired price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/754/051708039
Uncontrolled Keywords: Konflik sosial, Pengadaan Tanah, Pembangunan Jalan Tol, Penawaran Harga
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.3 Private ownership of land > 333.33 Transfer of possession and of right to use
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:23
Last Modified: 14 Mar 2024 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4942
[thumbnail of Sue Suranta Billeam Tarigan.pdf] Text
Sue Suranta Billeam Tarigan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item