Nisa, Ella Khoirun (2017) Pengaruh Pembelajaran Nilai-Nilai Empati Melalui Media Audiovisual Terhadap Empati pada Bystander Bullying di Sekolah Dasar Inklusi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bullying merupakan bentuk utama dari kekerasan di sekolah yang mengancam perkembangan dan pembelajaran anak. Terdapat 3 peran pada setiap kejadian bullying, yaitu pelaku, korban dan penonton. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa peer bystander berkontribusi sebesar 85% dari kasus bullying, namun dari 85% penonton tersebut hanya 10% dari mereka yang mengambil tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran nilai-nilai empati melalui media audiovisual terhadap empati pada bystander bullying. Penelitian ini menggunakan desain One-group pretest-posttest eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa dari SDN Sumbersari 1 Malang yang terdiri dari kelas 3, 4, dan 5. Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai t sebesar -2,756, sedangkan nilai signifikannya sebesar 0,009 (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan empati setelah diberikan pembelajaran melalui tayangan video, sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) penelitian diterima yang artinya pembelajaran nilai-nilai empati melalui media audiovisual berpengaruh terhadap empati bystander bullying di sekolah dasar inklusi Malang.
English Abstract
Bullying is major form of school violence that threatens a child’s a development and learning. There are three roles in each bullying, bullies, victim, and bystanders. A recent study found peers present in 85% of bullying episodes, but intervened in only 10%. This study aims to determine effect of learning empathy values through audiovisual media to empathy on bystander bullying. This study used the One-group pretest-posttest experimental design. Participants in this study were 37 students from SDN Sumbersari 1 Malang consisting of the 3rd, 4th, and 5th grade. Statistical analysis in this study is using paired sample t-test. Based on the result of hypothesis test showed that t value = -2,756, while the significance value was 0,009 (p <0,05). From the analysis showed there was an increase of empathy after video presentation, so it can be said that Hypothesis of alternative (Ha) research is accepted which means learning empathy values through audiovisual media influences the empathy of bystander bullying in inclusion elementary school at Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/692/051707978 |
Uncontrolled Keywords: | empati, bystander bullying, media audiovisual |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.34 Social interaction in primary groups > 302.343 Bullying |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 07:11 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4927 |
![]() |
Text
Ella Khoirun Nisa.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |