Weni, Fitri Prahesti Anjar (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Kasus pada Bisnis Online Melalui Media Sosial Instagram CV. Kajeye Food Malang-Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram sebagai salah satu media sosial yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan instagram memiliki berbagai fitur-fitur yang unik dan banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sebagai media komunikasi pemasaran. Selain itu juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk secara langsung melihat produk-produk apa sajakah yang di tawarkan hanya dengan cara melihat foto-foto yang telah diunggah di instagram. Dari sinilah terlihat bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat strategis bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Demikian halnya dengan CV. Kajeye Food yang bergerak sebagai agroindustri olahan makanan khususnya keripik dan manisan buah merk SoKressh. Selain offline, CV. Kajeye Food juga menggunakan strategi komunikasi pemasaran secara online dengan memanfaatkan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan, penerapan instagram sebagai media komunikasi pemasaran dan mengidentifikasi hambatan yang terjadi dalam komunikasi pemasaran di CV. Kajeye Food. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, dimana didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan 2 teknik penentuan informan yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dengan cara dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data pada penelitian kualitatif ini dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian antara lain strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Kajeye Food adalah dengan merencanakan strategi melalui 4 komponen pemasaran (4P) yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Dari keempat komponen pemasaran tersebut, peneliti dapat mengetahui hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti selama melakukan penelitian yang paling berhasil adalah komponen promosi (promotion) baik secara offline melalui kegiatan pameran maupun secara online melalui website, facebook dan instagram. Alasan mengapa CV. Kajeye Food menggunakan media sosial instagram adalah beberapa fitur yang tersedia dalam instagram memberikan keunikan pada aplikasi ini, kemudahan dalam mengakses dan jangkauan yang cukup luas. Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi pada CV. Kajeye Food adalah ketersediaan pasokan buah yang musiman membuat proses produksi dan pemasarannya terhambat dan pemanfaatan media promosi online khususnya media sosial instagram yang belum optimal.
English Abstract
Instagram as one of social media that is currently in high demand by the community. That is because the instagram has a variety of unique features and much used by businessmen as a media marketing communications. It also provides convenience for consumers to directly see what products are offered only by way of looking at the photos that have been uploaded on instagram. From here the look that instagram is one of strategic social media for business in marketing its products. Such is the case with CV. Kajeye Food that moves as the agro-industries processed foods especially chips and candied fruit brand SoKressh. In addition to offline, CV. Kajeye Food also use online marketing communications strategy by leveraging instagram. This study aims to describe the marketing communication strategy to use, the application of the marketing communication media as instagram and identify the obstacles that occur in the marketing communication in CV Kajeye Food. This research is a descriptive qualitative study types. The determination of the location of the research done on a purposive, which is based upon certain considerations. This study uses two techniques of determining the informant i.e. by using purposive sampling technique and accidental sampling. Data collection techniques used in this research is by way of primary and secondary data collection. Primary data collection techniques by means of interviews and observations. While secondary data collection techniques by means of documentation. Methods of data analysis used in this study is the interactive models, Miles and Huberman. The validity of the data on the qualitative research was conducted with techniques and data sources triangulation triangulation method. Research results among other marketing communication strategy made by CV. Kajeye Food is to plan strategies via the four components of marketing (4P) product, price, place and promotion. Of the four components of the marketing, researchers can find out the results of the interviews and observations conducted researchers during the research component is the most successful promotion both offline through exhibitions or online via the website, facebook and instagram. The reason why CV. Kajeye Food using social media instagram are some of the features available in instagram provide uniqueness on this application, ease of access and coverage. The obstacles that occurs in the process of communication on CV. Kajeye Food is the availability of supply of seasonal fruit makes the process of production and its marketing is hampered and utilization of online media promotions in particular social media instagram are not optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/375/051707566 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Media Sosial, Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 06:51 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4918 |
![]() |
Text
FITRI PRAHESTI ANJAR WENI.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |