Silitonga, Frisca Juliana (2017) Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Strudel Pada Ukm Pai Apel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kota Malang mulai melakukan berbagai inovasi produk oleh-oleh. Adanya berbagai produk oleh-oleh baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis memberikan banyak pilihan kepada konsumen. Akan tetapi, kehadiran berbagai produk oleh-oleh di Kota Malang terutama produk baru akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Salah satu UKM di Kota Malang yang menghadapi persaingan tersebut adalah UKM Pai Apel Malang yaitu Strudel. Strudel merupakan produk oleh-oleh yang baru dan diproduksi oleh beberapa UKM di Kota Malang. Hal tersebut mendorong UKM Pai Apel Malang untuk melakukan evaluasi terhadap Strudel UKM Pai Apel Malang sehingga produk tersebut dapat berkembang dan mampu bersaing dengan produk oleh-oleh lain. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk Strudel UKM Pai Apel Malang, (2) Mengetahui variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian produk Strudel UKM Pai Apel Malang. Penelitian ini membahas tentang pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang yang dianalisis menggunakan uji validitas dan realibilitas serta analisis regresi logistik. Analisis regresi logistik yang dilakukan menggunakan variabel dependent (Y) yaitu keputusan pembelian yang digunakan dengan dummy. Variabel independent yakni mencakup produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7). Penelitian ini dilakukan di UKM Pai Apel Malang dengan metode penentuan populasi yaitu simple random sampling dan sampel sebanyak 44 responden yang diteliti. Jumlah seluruh responden tersebut sudah cukup untuk mewakili gambaran perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat empat variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 90%. Hasil dari uji wald dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikan < 0,10 adalah variabel pendapatan (0,069), variabel harga (0,072 ), variabel tempat (0,012), dan variabel proses (0,020). Berdasarkan nilai odds ratio maka dapat disimpulkan adanya peningkatan pendapatan berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1,000 kali. Adanya penurunan harga berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,127 kali. Adanya perbaikan tempat dan perluasan distribusi berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 7,296 kali. Adanya peningkatan dan perbaikan proses berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 15,665 kali. Variabel bauran pemasaran yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang adalah variabel proses dengan nilai odds ratio sebesar 15,665.
English Abstract
UKM (small medium enterprises) in Malang started doing various innovation gift shop products. The existence of various gift shop products either similar or different type provides many options for consumers. However, the presence of various gift shop products in Malang, especially new products will pose an increasingly tight competition. One of the UKM in the city of Malang are facing competition that is UKM i.e. Strudle by UKM Pai Apel Malang. Strudle is a product of the new gift shop and produced by some of the UKM in Malang. It encourages to do the evaluation of Strudel UKM Pai Apel Malang so that the product can evolve and be able to compete with other gift products. This research aims to: (1) To analyze the effect of marketing mix’s variables against consumer’s buying decisions of Apple Strudel by UKM Pai Apel Malang, (2) To knowing the most influential variables against consumer’s buying decisions of Apple Strudel by UKM Pai Apel Malang. This study discusses the influence marketing mix variables of consumer’s buying decision and the variables most influence the consumer’s buying decisions of UKM Pai Apel Malang’s Strudle were analyzed using the test validity and reliability as well as the logistic regression analysis. A logistic regression analysis was performed using a dependent variable (Y), namely purchasing decisions that are used with dummy. Independent variables namely covers product (X1), price (X2), location (X3), promotion (X4), people (X5), process (X6) and physical evidence (X7). This research was conducted in UKM Pai Apel Malang with the method of determination of the population i.e., simple random sampling and the sample as much 44 respondents. The total number of respondents is enough to represent the description of consumer behavior in consumer’s buying decision in UKM Pai Apel Malang. Based on the research results can be known that there are four variables in the marketing mix that has significant influence with a confidence level of 90%. The result of the test variable can be concluded that Walden marketing mix that influence purchase decisions with significant values of variable income is 0.10 < (0.069), variable price (0.072), variable (0.012), and process variables (0.020). Based on the values of the odds ratio then it can be inferred the existence of the increased income could increase the purchasing decisions of 1.000 times. The existence of a price reduction could increase the purchasing decisions of 0.127 times. The existence of a repair place and the expansion of distribution could increase the purchasing decisions of 7.296 times. An increase in process improvement and likely increase the purchasing decisions of 15.665 times. The marketing mix variables most influence the consumer’s buying decisions of UKM Pai Apel Malang’s Strudle is process variable with the odds ratio’s value of 15.665.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/373/051707564 |
Uncontrolled Keywords: | UKM, Pemasaran, Pembelian Konsumen, Minat Beli |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 04:24 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4904 |
Text
FRISCA JULIANA SILITONGA.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |