Hubungan Penilaian Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Dan Intensi Mahasiswa Untuk Menjadi Dosen

Naranesti, Adiara (2017) Hubungan Penilaian Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Dan Intensi Mahasiswa Untuk Menjadi Dosen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara penilaian kompetensi dosen dalam mengajar di kelas berdasarkan persepsi mahasiswa dengan intensi mahasiswa untuk menjadi dosen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel penelitian mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya angkatan 2013-2016 sebanyak 2470 responden. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen Sertifikasi Pendidik untuk Dosen: Penilaian Mahasiswa (Yusainy dan Herani, 2016) untuk mengukur penilaian kompetensi dosen berdasarkan persepsi mahasiswa, sedangkan untuk mengukur intensi menggunakan single item measure yang ditambahkan sebanyak satu butir pertanyaan untuk mengetahui kesediaan mahasiswa untuk menjadi dosen di almamater yang menaunginya. Uji hipotesis dilakukan untuk menggunakan point-biserial correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dengan koefisien korelasi sebesar +0,112 (p<0.001).

English Abstract

The purpose of this study is to find correlation between lecturer competence appraisal in teaching based on student’s perception and student’s intention to become lecturer. This study is a quantitative correlational research with 2470 students of Faculty of Social and Political Science, Brawijaya University class of 2013-2016 as sample of the study. Teaching Certification Instrument based on Student Rating (Yusainy and Herani, 2016) is used to determine lecturer competence based on student’s perception, while single item measure is added to determine student’s intention to become lecturer in their almamater. The hypothesis from the study is tested using point-biserial correlation. This study found positive correlation between lecturer competence appraisal in teaching based on student’s perception and student’s intention to become lecturer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/424/051704802
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Kompetensi Dosen, Intensi
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.125 Teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:40
Last Modified: 17 Nov 2020 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/49
[thumbnail of Adiara Naranesti.pdf]
Preview
Text
Adiara Naranesti.pdf

Download (487kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item