Pengaruh Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon Kabupaten Malang

Wibowo, Inalattul Purbarani (2017) Pengaruh Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh pelayanan BPJS di RSUI Madinah Kasembon Kab. Malang terhadap kepuasan konsumen, pemilihan lokasi penelitian dikarena faktor strategis lokasi RS yang berada ditiga titik persimpangan tiga kabupaten, yaitu : Kab. Malang, Kab. Kediri dan Kab. Jombang. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan teori kualitas pelayanan Fitzsimsons dengan lima indikator yaitu : tangible (bukti nyata), reliablity (terpecaya), responsiveness (cepat tanggap), assurance (kepastian) dan emphaty (empati). Pada penulisan penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian metode kuantitatif dengan teknik probability sampling dengan variabel indepenent (bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap dan perhatian) dan variabel dependent (kepuasan pelanggan). Berdasarkan uji regresi linear berganda didapat maka diperoleh persamaan Y = 0,094X1+0,155X2+0,131X3+0,134X4+0,019X5. H1 : bukti langsung berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (P value) sebesar 0,338. H2 : Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi (P value) sebesar 0,276. H3 : Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai siginikansi (P value) sebesar 0,414. H4 : Daya Tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. H5 : Empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi (P value) sebesar 0,006. Dari hasil tersebut vaiabel yang paling berpengaruh adalah variabel empati dengan nilai koefisiensi regresi 0,319 (31,9 persen).

English Abstract

This research focuses on the influence of BPJS service at RSUI Madinah Kasembon Kab. Malang to consumer satisfaction, the selection of research location due to strategic factors of the location of the hospital located at three points of intersection of three districts, namely: Kab. Malang, Kab. Kediri and Kab. Jombang. In this study the authors use Fitzsimsons service quality theory with five indicators: tangible, reliablity, responsiveness, assurance and emphaty (empathy). In writing this study the authors use the type of quantitative research methods with probability sampling techniques with indepenent variables (direct evidence, reliability, assurance, responsiveness and attention) and variable dependent (customer satisfaction). Based on multiple linear regression test obtained then equation Y = 0,094X1 + 0,155X2 + 0,131X3 + 0,134X4 + 0,019X5. H1: direct evidence has a positive and significant impact on customer satisfaction. This is indicated by the value of significance (P value) of 0.338. H2: Reliability has a positive and significant impact on customer satisfaction. This can be shown with the value of significance (P value) of 0.276. H3: Guarantees have a positive and significant impact on customer satisfaction. This can be shown by the value of siginikansi (P value) of 0.414. H4: Responsiveness has a positive and significant impact on customer satisfaction. H5: Empathy has a positive and significant effect on customer satisfaction. This can be indicated by the value of significance (P value) of 0.006. From the results of the most influential vaiabel is variable empathy with regression coefficient value of 0.319 (31.9 percent).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/701/051707986
Uncontrolled Keywords: BPJS, RSUI Madinah Kasembon, kuantitatif, tangiable, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, probability sampling, kepuasan konsumen.
Subjects: 300 Social sciences > 368 Insurance > 368.3 Old-age insurance and insurance againts death, illness, injury > 368.382 Health insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:51
Last Modified: 28 Aug 2020 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4896
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item