Dhany M.N.A, Sony (2017) Proses Pembentukan Kesadaran Pendidikan dan Ekonomi Anggota PKBM di Desa Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk terus berdaya berdampak pada kualitas masyarakat yang semakin tertinggal, atas latar belakang tersebut pemerintah menggalakan program pemerataan pendidikan, salah satunya yaitu KUM (Keaksaraan Usaha Mandiri) yang dinaungi oleh PKBM sebagai bentuk pemberantasan buta aksara, pemerataan pendidikan, dan pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana proses pembentukan kesadaran anggota PKBM terhadap pengimplementasian program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) di Desa Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus instrumental yang digunakan untuk memahami suatu kasus secara mendalam dan membantu mendapatkan pemahaman mengenai hal lain diluar kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diilhami oleh teori pedagogi kritis Paulo Freire untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif, dan teori konsientisasi Paulo Freire untuk mengklasifikasikan tahap-tahap kesadaran manusia serta faktor apa saja yang menyebabkan manusia berada pada tahap-tahap kesadaran tersebut. Dengan menggunakan pendidikan andragogi kepada anggotanya yang ditinjau melalui teori pedagogi kritis Paulo Freire kegiatan pembelajaran oleh PKBM Harapan Bangsa sudah dapat berjalan efektif. PKBM Harapan Bangsa juga menerapkan metode home visit yang dapat dikatakan berhasil menumbuhkan kembali motivasi belajar anggota PKBM, walaupun masih ada sebagian anggota yang masih belum mampu untuk mengimplementasikan program KUM dikarenakan beberapa faktor. Dalam proses konsientisasi, proses pembentukan kesadaran yang dilakukan oleh PKBM Harapan Bangsa untuk anggotanya mencapai dua tahapan yaitu, tahapan naif bagi anggota yang tidak dapat mengimplementasikan program KUM dan tahapan kritis bagi anggota PKBM yang dapat mengimplementasikan program KUM.
English Abstract
Lack of people’s awareness to improve their skill made an effect in the degression quality of people’s life. That situation as a reason PKBM to created KUM program that has function to eradicate illiterate people, equalize public education, and reduce poverty level in society. This study tells about how the process of consciousness formation on members of PKBM towards KUM program in Desa Grobogan etc. This study used qualitative method and instrumental case study approach. There are three ways to collect the data analysis, such as observation, interview, and documentation. Purposive sampling as a tool for informant selection. The study also uses pedagogy critical theory and conscietization theory by Paulo Freire to analyze KUM program in that society. This study reveals that some methods successfully applied on the members of PKBM to increase the educational awareness in the society. The methods are, using andragogy learning method and home visit method. However, the are some people who still do not do the program because of same factors. Not only that, in the conscietization process, there are two stages in the process of consciousness formation, such as naïve and critical awareness. Naïve is people who cannot do the program and critical awareness is people who can do that program.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/733/051708018 |
Uncontrolled Keywords: | Kewirausahaan, Implementasi Program, Pedagogi Kritis, Konsientisasi. |
Subjects: | 300 Social sciences > 374 Adult education > 374.01 Adult education for specific objectives |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 03:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4891 |
![]() |
Text
Sony Dhany M.N.A.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |