Marsheila, Arintya (2017) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Minuman Teh Kemasan (Studi pada Merek “3M” PRT Tiga Merpati Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan industri yang bergerak di produksi minuman semakin pesat di era modern ini. Salah satu segmen yang menjanjikan ialah minuman kemasan. Minuman kemasan yang menjanjikan dikalangan saat ini adalah minuman teh kemasan. Hal ini berjalan karena kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi teh. Penjualan teh kemasan menjadi tren pada berbagai kalangan saat ini karena banyaknya inovasi-inovasi dalam penjualan teh kemasan. Berhasil tidaknya dalam mencapai tujuan bisnis tergantung pada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu juga tergantung pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan antara produk, keuangan dan pemasaran agar dapat berjalan dengan lancar. Salah satu minuman kemasan yang berada di Kota Surabaya adalah minuman 3M (Three M). Minuman kemasan ini merupakan minuman kemasan yang diproduksi oleh Home Industri Tiga Merpati. Beberapa tahun belakangan Home Industri ini mengalami penurunan volume penjualan sehingga mau tidak mau beberapa outlet yang dimliki harus ditutup. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) menganalisa tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif perusahaan berdasarkan posisi bersaing. (2). Menganalisa antara produk perusahaan dengan produk pesaing dengan melakukan benchmarking 7P (Produk, Price, Place, Promotion, People, Physical evidance dan Process). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matrix BCG dan Benchmarking. Matriks BCG digunakan untuk menghitung pangsa pasar relatif dan pertumbuhan pasar sedangkan benchmarking digunakan untuk membandingkan produk teh 3M dengan produk pesaing. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil pangsa pasar relatif sebesar 0,31 dan pertumbuhan pasar 10,2%. Dari hasil tersebut pada matriks BCG perusahaan teh 3M terdapat pada Kuadran Question Mark yaitu pangsa pasar relatif rendah dan pertumbuhan pasar yang tinggi. Sedangkan untuk hasil Benchmarking menunjukan variabel promosi dan people yang dimiliki oleh teh 3M lebih unggul dibanding pesaing.
English Abstract
In this modern era industrial enterprises engaged in the production of the drink increasingly rapidly. One of the promising segment of the beverage is bottled. Bottled drinks that promise among today is tea drinks packaging. It is running because the habits of society Indonesia consume tea. Bottled tea sales become a trend on various circles nowadays because of the many innovations in sales of bottled teas. Whether or not successful in achieving business goals depends on the expertise of the entrepreneurs in the field of marketing, production, finance or other areas. It also depends on the ability of the entrepreneur to combine between products, finance and marketing in order to run smoothly.Tea product which are in the city of Surabaya is 3 m (Three M). It is bottled drink beverage packaging produced by Three Pigeons Home industry. A few years later the Home industry is experiencing a decline in the volume of sales so inevitably some of the outlets are owned must be closed. The purpose of this research is done (1) analyzes the level of market growth and market share of the company based on the relative position of competing. (2) Analyze between the company's products with the products of a competitor by conducting benchmarking 7P (product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidance and Process). The methods used in this research was the BCG Matrix and Benchmarking. BCG matrix used to calculate relative market share and market growth while benchmarking to compare tea products 3 m with a competing product.From the results of research conducted retrieved result relative market share of 0.31 and 10.2% market growth. From those results at the 3 m company BCG matrix tea found in the Quadrant Question Mark i.e., relatively low market share and market growth. As for the results of the Benchmarking showed variable promotion and people who owned by 3 m's superior tea compared to competitors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/443/051707672 |
Uncontrolled Keywords: | Produksi Minuman, Strategi Pemasaran, Penjualan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 08:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 07:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4869 |
Actions (login required)
View Item |