Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Awak Kapal Longline Di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap, Jawa Tengah

Novitasari, Diana Ningtyas (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Awak Kapal Longline Di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan hal yang tidak bisa di prediksi, bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Namun sebenarnya sebelum kecelakaan itu terjadi terdapat gejala yang menandakan terjadinya suatu kecelakaan. Dalam kegiatan pelayaran, jabatan tertinggi dalam kapal perikanan yaitu Nahkoda. Nahkoda memiliki tanggung jawab yang besar terhadap Anak Buah Kapal (ABK) dan kapal itu sendiri selama kegiatan pengangkutan ataupun operasi penangkapan. Keselamatan kapal penangkap ikan merupakan interaksi faktor yang kompleks, yaitu faktor manusia, faktor mesin dan faktor lingkungan. Apabila salah satu elemen faktor tersebut tidak berfungsi maka akan menimbulkan suatu permasalahan. PPS Cilacap sendiri merupakan pelabuhan bertipe A (Samudera) namun masih banyak kecelakaan kapal yang terjadi disana. Hal itu bisa dilihat dari hasil data yang dikumpulkan oleh Polairut dan Syahbandar PPS Cilacap, terdapat 48 kecelakaan kapal dengan jumlah korban jiwa sebanyak 110 jiwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2012-2016). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2017 di PPS Cilacap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor (kesehatan, lingkungan, alat keselamatan, keterampilan) yang mempengaruhi kecelakaan kerja dan mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh nyata terhadap kecelakaan kerja awak kapal Longline di PPS Cilacap serta besarnya nilai tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan gabungan (mixed). Data primer didapatkan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Data sekunder didapatkan dari laporan tahunan PPS Cilacap, data syahbandar, data polairut, maupun dari jurnal, artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kecelakaan kerja awak kapal Longline yaitu lingkungan, kesehatan, alat keselamatan dan keterampilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, transformasi data menggunakan metode MSI (Method Successive Interval) untuk mengubah data ordinal menjadi data interval, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Analisis dibantu dengan menggunakan software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa nilai f hitung sebesar 7,329 dan f tabel 2,005 dengan tingkat kepercayaan 90%. Maka f hitung>f tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang diteliti (lingkungan, kesehatan, alat keselamatan dan keterampilan) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kecelakaan kerja. Faktor yang berpengaruh nyata terhadap kecelakaan kerja sebagai berikut: faktor lingkungan dengan nilai t hitung sebesar I-2,325 I, faktor kesehatan dengan nilai t hitung sebesar I-2,755 Idan faktor keterampilan dengan nilai t hitung sebesar I-2,607 I. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh nyata yaitu alat keselamatan dengan nilai t hitung sebesar 0,683. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan kerja awak kapal longline di PPS Cilacap yaitu faktor kesehatan dengan nilai t hitung sebesar I-2,755 I. Nilai koefisien determinasi R2 didapatkan hasil sebesar 23,6%.

English Abstract

Work accidents are unpredictable, can happen anytime, anywhere and by anyone. Howefer actually before the accident happened there are symptoms that indicate the occurrence of an accident. The aim of this study are to determine the factors (health, environment, safety equipment, skill) that have impact on the work accident and determine which factor has the most significant effect. The method used is descriptive method using qualitative and quantitative mixed model from the questionnaire distributed to 100 respondents. Based on the results of data analysis shows that the factors studied (environment, health, safety equipment and skills) affect simultaneously to accidents (f value (7,329) > f table (2,005), significant level 10%). Factors that have a significant effect on work accident as follows: environmental factor with t value of equal to I-2,325 I, health factor with t value equal to I-2,755 I and skill factor with t value equal to I-2,607 I. While the factors that have no real effect is the safety equipment with a value of t arithmetic of 0.683. The most influential factor on crew work crash longline in PPS Cilacap is health factor with a value of t arithmetic of I-2.755 I The value of coefficient of determination R2 obtained result of 23,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/720/051710266
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kerja, awak kapal, alat tangkap Longline,
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.11 Occuptional and industrial hazards
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:17
Last Modified: 25 Nov 2020 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4836
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item