Pemahaman Eating Out Oleh Mahasiswa Pendatang (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Mahasiswa Pendatang Di Universitas Brawijaya Malang)

Rosaline Sumanti, Griefitha Jessica (2017) Pemahaman Eating Out Oleh Mahasiswa Pendatang (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Mahasiswa Pendatang Di Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gaya hidup merupakan bagian dari konsep kebudayaan dan berhubungan dengan cakupan ilmu komunikasi antar budaya. Gaya hidup merupakan pola gaya hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup yang menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya memberikan pengaruh dalam pembentukan identitas diri seseorang. Berdasarkan pemahaman konsep tersebut, peneliti mencoba menganalisis dan mendeskripsikan fenomena gaya hidup di masyarakat yakni fenomena Eating out sebagai media eksistensi identitas diri. Untuk itu, peneliti memilih kelompok mahasiswa pendatang yang menjalankan studi di Universitas Brawijaya sebagai objek penelitian karena dirasa sesuai untuk mendeskripsikan fenomena Eating out sebagai media pembentukan identitas diri di kalangan pendatang terutama mahasiswa pendatang. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya hidup eating out mempengaruhi identitas diri sebagai etnisitas pada mahasiswa pendatang di Universitas Brawijaya Malang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa aktivitas eating out terkait makanan khas daerah yang dilakukan oleh mahasiswa pendatang ini dilakukan dalam berbagai bentuk dan dengan intensitas yang tinggi. Aktivitas eating out terkait makanan khas daerah di kalangan mahasiswa pendatang dipengaruhi oleh berbagai motif, antara lain (1) sebagai pengobat rasa kangen terhadap kampung halaman, (2) keinginan untuk mengenalkan makanan khas daerah mereka kepada teman agar dapat sharing pengalaman, (3) keinginan untuk menunjukkan kuliner khas daerah mereka sebagai bentuk kebanggan, dan (4) sebagai media eksistensi diri. Aktivitas eating out juga membantu mahasiswa pendatang mengkontruksi identitas kedaerahan mereka yakni dalam tujuan mengenalkan budaya mereka kepada lingkungan baru, membantu mereka mendapatkan pengakuan bahwa daerah mereka punya keunikan tersendiri dibandingkan daerah lainnya, dan sebagai bentuk kebanggaan atas budaya mereka.

English Abstract

Lifestyle is part of the concept of culture and is related to the distance of intercultural communication science. Lifestyle is a pattern of one's lifestyle in a world expressed in its activities, interests, and opinions. Lifestyle that describes the "whole person" in the interaction with the environment gives influence in shaping one's identity. Based on the understanding of the concept, researchers try to analyze and describe the phenomenon of lifestyle in the society Eating out phenomenon as a medium of self identity. For that, the researcher chose a group of immigrant students who are running in Universitas Brawijaya as the object of research because it feels appropriate to describe the phenomenon of Eating out as a medium for the formation of self identity among immigrant college students. In this research, the research approach used is qualitative approach. The purpose of this study was to find out how the lifestyle of eating out affects the identity of the self-regional in the students of immigrants in Universitas Brawijaya Malang. Based on the results of the analysis. Activities undertaken by immigrant students is done in various forms and with high intensity. Outside dining activities are related to local food among immigrant college students by various motives, among others (1) as a remedy for missed homes, (2) desire to introduce their regional special foods to friends to share experiences, (3) Showing their regional culinary as a form of pride, and (4) as a medium of self-existence. Outside dining activities also help immigrant students to construct their regional identity in the purpose of introducing their culture to a new environment, making those new to the uniqueness of other areas, and as a form of pride in their culture.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/659/O51708057
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.4 Social change > 303.48 Causes of change > 303.482 Contact between cultures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:05
Last Modified: 12 Dec 2020 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4800
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item