Implementasi Perda No 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Kota Malang

Alim, M Hafidzul (2017) Implementasi Perda No 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Implementasi Peraturan Daerah No 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Umum di Kota Malang. Kemacetan dan sepinya angkutan umum di Kota Malang mengakibatkan perlunya tinjauan dan analisis terhadap PERDA No 5 Tahun 2011. Dimana perlu dilihat implementasi dari aturan tersebut. PERDA No 5 Tahun 2011 juga memiliki kelemahan karena hanya mengatur angkutan umum dala trayek saja tidak mengatur angkutan umum bukan dalam trayek. Padahal jika dilihat dari batang judul aturan tersebut menandakan penyelenggaraan angkutan umum secara luas. Selain itu, dalam penerapan PERDA No 5 Tahun 2011 dilapangan banyak yang tidak sesuai target tujuan dikarenakan kondisi lapangan tidak sama dengan saat aturan tersebut dibuat. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan milik Grindle dan dengan metode penelitian yakni kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini yaitu adalah menganalisis PERDA No 5 Tahun 2011, melihat target yang dicanangkan dari dibuatnya aturan tersebut maupun melihat dan menganalisis implementasi atau penerapan dari PERDA No 5 Tahun 2011 tersebut di Kota Malang. Untuk rumusan masalahnya adalah Bagaimana implementasi dari PERDA No 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Umum di Kota Malang. Secara holistik atau secara luas, penelitian ini dilakukan di Kota Malang namun dipersempit lagi objek penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Malang, Civil Society Kota Malang yakni diwakili Paguyuban Angkot JDM oleh Bapak Anto dan Sektor Swasta oleh Bapak Teguh ADL pemilik Angkot perseorangan. PERDA No 5 Tahun 2011 dibuat sebagai upaya memperbaharui aturan yang ada dalam rangka menjamin dan memberikan rasa nyaman kepada pengguna jasa angkutan umum maupun memberi aturan dan batasan-batasan kepada penyelenggara angkutan umum agar dapat menyelenggarakan angkutan umum sesuai aturan yang berlaku. PERDA no 5 tahun 2011 dibuat dengan mengikuti perkembangan lalu lintas dan perhubungan yang ada di Kota Malang sehingga perlu selalu ada pembaharuan aturan berkaitan dengan penyelenggaraan angkutan umum. PERDA No 5 Tahun 2011 terdiri dari 13 BAB yang didalamnya mengatur mulai dari persyaratan penyelenggaraan angkutan umum, prosedur, perizinan, pelaksanaan hingga hukuman baik pidana maupun perdata jika dikemudian hari terdapat ketentuan yang dilanggar.

English Abstract

This research talks about implementation of local regulations no 5 in 2011 on the implementation of public transport in the town of malang .Congestion and the lack of public transport in the city of unfortunate result in the need for ongoing review and analysis of bylaw no 5 in 2011 .Where important to see the implementation of this regulation .Perda no 5 of year 2011 was also have weaknesses because only regulate public transport route in a common course not regulate public transport not in routes .If seen from the title of the rules stems showed that the implementation of public transport widely .In addition , in the implementation of the local regulation no 5 2011 dilapangan many of whom do not met the target because the condition of the purpose of the field not the same as when the regulations are made. This research using the theory of policy belonging to grindle and with research methodology namely qualitative descriptive .Focus on this research which is analyze local regulation no 5 2011 , see the by of he made the rule and see and analyze the implementation or the application of local regulation no 5 in 2011, in the city poor .To formulation the problem is how the implementation of local regulation no 5 2011 regarding minivans general in kota poor .In holistic or widely , this research do in the city poor but narrowed again object the research was done in the transportation city poor , civil society city poor namely represented paguyuban minivans jdm by father anto and the private sector by father firm adl the owner minivans individual. Local regulation no 5 2011 made as an effort to renew the existing rules to ensure and gives a sense of comfort to users of public transport services and give rules and restrictions to the producer public transport in order to hold public transport in accordance with the regulations.Local regulation no 5 2011 made with follow the developments traffic and transportation that is there poor so it needs there is always renewal rules on the implementation of public transport.Local regulation no 5 2011 consisting of 13 chapter in which set start of conditions minivans common, procedure, licensing, the implementation of the then a good criminal and civil if dikemudian day, provisions of being violated.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/659/O51708056
Uncontrolled Keywords: PERDA No 5 Tahun 2011, Kota Malang, Angkutan Umum
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:56
Last Modified: 05 Nov 2024 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4797
[thumbnail of M HAFIDZUL ALIM.pdf] Text
M HAFIDZUL ALIM.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item