Pengaruh Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Dasar (Sd) Inklusi Di Kota Malang

Juwita, Sarah (2017) Pengaruh Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Dasar (Sd) Inklusi Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar inklusi di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest desain dengan memberikan sosiodrama kepada partisipan penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala empati Bryant (1982). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa. Partisipan yaitu siswa kelas 4 dan 5 SDN Sumbersari 2 yang merupakan siswa normal yang berada dalam satu kelas dengan siswa berkebutuhan khusus. Hasil uji beda Wilcoxon diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dengan mean pretest lebih rendah dari posttest (23,18 < 26,41). Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar inklusi.

English Abstract

The purpose of this research is to know whether there is effect of sociodrama to increase empathy of inclusion elementary school student in Malang City. The research method used is quasi experimental research. The research uses one group pretest-posttest design by giving sociodrama to all participants. The measuring tool used in this research is the Bryant empathy scale (1982). Participants in this study are 17 students. Participants are students of grade 4 and 5 SDN Sumbersari 2 which is a normal student who is in one class with students with special needs. Wilcoxon different test results that the significance value of 0.001 (p <0.05) with mean pretest lower than posttest (23,18 < 26,41). This shows that there is a sociodrama effect to increase the empathy of primary school students of inclusion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/659/051708050
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama, Empati, Siswa Sekolah Dasar Inklusi
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions > 152.41 Love and affection
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:21
Last Modified: 05 Nov 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4792
[thumbnail of Sarah Juwita.pdf] Text
Sarah Juwita.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item