Adhanni, Astri Mey (2017) Komunikasi Kelompok dalam Membentuk Sense of community (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas Klub Mobil Indonesia City Club (ICC) Chapter Banten). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunitas otomotif merupakan komunitas yang sedang marak ditemui. Dalam ruang lingkup komunikasi, komunitas adalah sebuah kelompok. Komunitas bermanfaat untuk saling berbagi informasi , semangat, dan pemecahan masalah sebagai bentuk praktik komunikasi mereka. Namun komunitas mobil identik dengan gaya hidup yang individualistik dan bentuk kelas sosial. Maka dibutuhkan adanya komunikasi kelompok yang intensif dalam membentuk sense of community pada komunitas klub mobil. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komunikasi kelompok dalam komunitas klub mobil dalam membentuk sense of community. Penelitian ini dilakukan pada komunitas klub mobil Indonesia City Club Chapter Banten sebagai satu-satunya komunitas mobil Honda city dengan Chapter terluas di Indonesia. peneliti ingin melihat bagaimana komunikasi kelompok yang dilakukan melalui kopdar dan whatsapp sebagai media yang rutin digunakan dalam membentuk sense of community sebagai manfaat dari komunikasi kelompok yang dilakukan di komunitas tersebut. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan 4 orang informan dan observasi sedangkan sumber data sekunder dari internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok secara tatap muka merupakan komunikasi yang efektif dilakukan dengan menggunakan komunikasi semua saluran. Sedangkan komunikasi menggunakan whatsapp ditemukan memiliki peran paling paling besar dalam membentuk sense of community. Kemudian interaksi yang dilakukan secara personal seperti memberikan support, mendapatkan kesempatan yang sama dalam mempengaruhi komunitas dan mendapatkan informasi serta bantuan yang dibutuhkan diluar otomotif dapat membentuk sense of community member ICC Chapter Banten.
English Abstract
The automotive community is a well known community in the big cities. In the term of communication scope, a community is defined as a group. The community is useful for sharing information, support and solving their problems. But a car community is more identic with the lifestyles which tend to be individualistic and focus to build their social class image. So community needs intensive group communication to build the sense of community in the car club community. Therefore, this research aims to examine the group communication within the car club community in build “The sense of community” This research was addressed to the car community Indonesia city club Chapter Banten as the one and only Honda ICC that has the widest Chapter. Researcher want to see how the group communication with kopdar and whatsapp as a medium that is routinely used can build the sense of community as a benefit of group communication conducted in the community. This research uses primary data source obtained from 4 informants as the member of ICC Chapter Banten and observations, while secondary data source from internet. This research uses qualitative method with interpretive research type. The output of this research showed that communication group face to face is an effective communication. By uses “all lines communication” pattern, will make it easier to has inter-personal communication. While communication using whatsapp have the most influence to build a sense of community. And the interactions that has been done personally such as providing support, get the same opportunity in influencing the community and get information or assistance that needed beside the automotive also can build “The sense of community” members of ICC Chapter Banten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/659/O51708065 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi kelompok, Komunitas, Sense of community |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 02:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4741 |
![]() |
Text
Astri Mey Adhanni.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |