Analisis Kinerja Unit Usaha Simpan Pinjam Pada BUM Desa “Mitra Sejahtera” Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk

-, Sujaniati (2017) Analisis Kinerja Unit Usaha Simpan Pinjam Pada BUM Desa “Mitra Sejahtera” Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unit usaha simpan pinjam Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) “Mitra Sejahtera” bergerak dalam bisnis keuangan sebagai penyedia modal dan tempat menabung. Keberadaan unit usaha simpan pinjam mampu mengurangi permasalahan kemiskinan di Desa Tempuran. Namun dalam pengelolaannya, unit usaha simpan pinjam masih kekurangan modal dan adanya persaingan dengan bank keliling (bank titil) yang berdampak pada tidak tercapainya dua fungsi BUM Desa sebagai lembaga sosial dan lembaga ekonomi. Pencapaian dua fungsi BUM Desa tersebut dapat dilihat dari kinerja yang dicapai oleh unit usaha simpan pinjam. Pengukuran kinerja pada unit usaha simpan pinjam dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kinerja unit usaha simpan pinjam BUM Desa “Mitra Sejahtera” yang diukur dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, (2) mendeskripsikan kontribusi unit usaha simpan pinjam terhadap Pendapatan Asli Desa (PADesa). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di unit usaha simpan pinjam BUM Desa “Mitra Sejahtera” dengan dasar pertimbangan tertentu (judgment sampling) yaitu unit usaha yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan salah satu unit terbesar di BUM Desa “Mitra Sejahtera”. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2017. Teknik penentuan sampel menggunakan pendekatan non profitability sampling dengan metode purposive dan pendekatan profitability sampling dengan metode simple random sampling. Metode purposive dalam penelitian ini menggunakan informan yaitu ketua BUM Desa “Mitra Sejahtera”. Metode simple random sampling dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 82. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan metode balanced scorecard berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keseluruhan dinilai cukup baik dengan nilai 0,36. Hal tersebut dikarenakan pada (1) perspektif keuangan memiliki penilaian cukup baik dengan variabel return on investment yang dinilai kurang baik, return on equity yang dinilai cukup baik dan net profit margin yang dinilai baik; (2) Perspektif pelanggan dinilai cukup baik dengan variabel retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan yang menunjukkan hasil kurang baik sedangkan kepuasaan dan reputasi menunjukkan penilaian baik.; (3) Perspektif proses bisnis internal menghasilkan penilaian kinerja baik yang ditunjukkan layanan purna jual dan inovasi yang dinilai baik; (4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran ii menunjukkan hasil cukup baik yang ditunjukkan dari produktivitas pegawai dan pelatihan pegawai dengan hasil penilaian cukup baik; (5) Unit usaha simpan pinjam telah mampu memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 2.400.000/tahun atau Rp 200.000/bulan.

English Abstract

The savings and loans business unit of village owned entreprise (BUM Desa) “Mitra Sejahtera” are engaged in the financial business as a capital provider and saving place. The existence of a savings and loan business unit is able to reduce poverty problems in Tempuran Village. However, in its management, the savings and loan business unit is still lack of capital and competition with illegal banks, which affects the not achieved of two functions of BUM Desa as a social institution and an economic institution. The achievement of two functions of BUM Desa can be seen from the performance achieved by the savings and loan business unit. The aims of this research are (1) analyze the performance of savings and loan business units of “Mitra Sejahtera” BUM Desa which measured from financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and growth and learning perspective, (2) to describe the contribution savings and loan business unit to the original income of the village (PADesa). The research approach used is quantitative. The determination of the research location conducted by purposive, that is in the savings and loan business unit of “Mitra Sejahtera” BUM Desa with certain consideration (judgment sampling), which is the most widely used business unit by community and one of the largest units in “Mitra Sejahtera” BUM Desa. The research was conducted on March to April 2017. The determination sampling technique using non profitability sampling approach with purposive method and profitability sampling approach with simple random sampling method. The purposive method in this research using an informant, that is chairman of “Mitra Sejahtera” BUM Desa. the simple random sampling method in this research use slovin formula so that the number of samples as much as 82. The data sources used are primary and secondary data. The technique of collecting primary data are done by observation and interview. While the technique of collecting secondary data are done by documentation and literature study. The data analysis technique use balanced scorecard method based on four perspectives that’s are financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, growth and learning perspective. The results showed that the overall performance was considered fair with a value of 0.36. this is because at (1) the financial perspective has a fair assessment, with the return on investment variable is considered not fair, the return on equity variable is considered fair and the net profit margin variable is considered good.; (2) The costumer perspective is considered fair with the customer retention and iv customer acquisitions variables that show poor results while the satisfaction and reputation show good assessment.; (3) the internal business process perspective results in a good performance assessment which shown by good after sales and innovation services.; (4) The growth and learning perspectives show fair results as show by the employee productivity and employee training with fair results.; (5) The savings and loan business unit has been able to contribute for the original income of the village (PADes) of IDR 2,400,000/year or IDR 200,000/month.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/386/051707577
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Kinerja, Pendapatan Asli Desa (PADesa), Unit Usaha Simpan Pinjam, BUM Desa
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:44
Last Modified: 27 Sep 2020 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4740
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item