Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kuantitatif Pada Forum Diskusi Female Daily Dengan Pendekatan Elaboration Likelihood Model)

RYANNISA, SEPTIA (2017) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kuantitatif Pada Forum Diskusi Female Daily Dengan Pendekatan Elaboration Likelihood Model). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model untuk mengetahui melalui rute mana konsumen mengolah sebuah informasi sehingga membuat suatu keputusan pembelian. Variabel X dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth dengan relevance, timeliness, accuracy, comprehensiveness, format, reliability, understandability sebagai rute sentral. Serta source expertise, source trustworthiness, dan information quantity sebagai rute periferal. Kemudian peneliti menggunakan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Dalam konteks computer mediated communication (CMC), seseorang akan terpengaruh dengan kualitas informasi sebagai rute sentral dan kuantitas informasi sebagai rute periferal sehingga kesepuluh dimensi tersebut merupakan variabel dari eWOM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh eWOM melalui rute sentral dan periferal pada forum diskusi Female Daily terhadap keputusan pembelian dengan kajian Elaboration Likelihood Model. Jenis dari penelitian ini adalah eksplanatif dengan menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik analisis data regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuisioner dan menggunakan Teknik sampling simple random sampling dalam menentukan responden. Penelitian ini juga menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh secara individu. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian atau H1 secara umum diterima. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada forum diskusi Female Daily adalah variabel timeliness. Variabel timeliness merupakan variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena permintaan akan kosmetik semakin meningkat maka konsumen akan mebutuhkan informasi yang up-to-date untuk membuat suatu keputusan pembelian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini rute sentral mendominasi keputusan pembelian daripada rute periferal karena konsumen forum diskusi Female Daily menggunakan elaborasi tinggi dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

English Abstract

This research is using Elaboration Likelihood Model approach to know which route that consumer adopt to make a purchase decision. The independent variabels (X) in this research is electronic word of mouth with relevance, timeliness, accuracy, comprehensiveness, format, reliability, understandability as the central route. Then source expertise, source trustworthiness, and information quantity as pheripheral route. The dependent variabel (Y) of this research is purchase decision. In computer mediated communication (CMC) context, someone will influenced with information quality as central route and information quantity as peripheral route so that the ten dimensions are variabels of eWOM. The purpose of this research is to know that there is an effect of eWOM through central route and peripheral route on Female Daily discussion forum to purchase decision with Elaboration Likelihood Model approach. The type of this research is explanative by using quantitative method with multiple linier regression data analysis. Data collection technique is through online questionnaires and using simple random sampling technique in determining the respondents. This research also uses F test to know the effect simultaneously and use t test to know the effect partially. The result if this research is there is an effect of eWOM to purchase decision or H1 is accepted. Timeliness is the variable which have a significant effect to purchase decision on Female Daily discussion forum. Timeliness have a significant effect to purchase decision because the demand of cosmetic is increasing, consumers will need an up-to-date information to make a purchase decision. So, it can be conclude that in this research the central route dominates purchasing decision rather than peripheral route because consumers of Female Daily discussion forum use high elaboration in influencing purchasing decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/659/O51708063
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Elaboration Likelihood Model, forum diskusi, keputusan pembelian.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4736
[thumbnail of SEPTIA RYANNISA.pdf] Text
SEPTIA RYANNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item