Penerapan Fuzzy Teori Permainan Dalam Menentukan Strategi Optimal Provider (Studi Kasus Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Akbar, Ilham Karunia (2017) Penerapan Fuzzy Teori Permainan Dalam Menentukan Strategi Optimal Provider (Studi Kasus Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi, persaingan antar provider yang semakin ketat memicu mereka untuk bersaing dalam menarik perhatian konsumen dengan menerapkan strategi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi optimal dari tiap provider. Provider tersebut adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Three. Strategi optimal diperoleh berdasarkan atribut-atribut kepentingan konsumen dengan melalui hasil survei. Untuk mengubah atribut kepentingan dan kepuasan yang bersifat samar atau tidak jelas menjadi suatu angka crisp dilakukan proses fuzzifikasi dan defuzzifikasi. Nilai yang diperoleh dari proses defuzzifikasi digunakan untuk membentuk matriks permainan. Diperlukan nilai permainan dari matriks permainan dalam menentukan pemenang. Telkomsel lebih unggul daripada provider lain pada atribut kecepatan paket data yang mempunyai nilai sebesar 16,755. Three dapat bersaing dengan provider lain menggunakan atribut harga paket data perdana dan harga paket data reguler yang termurah dengan nilai sebesar 18,53 dan -25,507.

English Abstract

In the era of globalization, the increasingly tight competition among providers has prompted them to compete in attracting consumers by implementing optimal strategies. This study aims to obtain the optimal strategy of each provider. These providers are Telkomsel, Indosat, XL Axiata, and Three. Optimal strategies are obtained based on consumer interest attributes through survey results. To change the attribute importance and satisfaction that are vague or unclear become a crisp number do fuzzyfication and defuzzyfication process. The value obtained from the defuzzyfication process is used to develope the game matrix. Game value is required from the game matrix in determining the winner. Telkomsel is superior to other providers on the attributes of data packet speeds that have of value 16.755. Three can compete with other providers using of the cheapest initial data packet price attribute and regular data package price with a value of 18.53 and -25.507.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/461/051709800
Uncontrolled Keywords: Fuzzy, Teori Permainan, Provider.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.31 Nonclassical logic > 511.313 Fuzzy logic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:40
Last Modified: 18 Nov 2021 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4658
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item