Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2015.

Pasai, Kiki Putri (2017) Pelaksanaan Strategi Nation Branding Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mencapai kepentingan nasional, sebuah negara akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan hard power seperti kekuatan militer sebuah negara. Akan tetapi dewasa ini banyak negara yang juga menggunakan soft power untuk meraih kepentingan mereka. Elemen dari soft power sebuah negara dapat digunakan dalam sebuah pelaksanaan nation branding. Jepang merupakan negara yang melakukan upaya nation branding tersebut terhitung dari awal tahun 2003, melalui “Cool Japan”. Di tahun 2011 hingga 2015 upaya Jepang tersebut menunjukkan hasil yang maksimal dengan banyak capaian di bidang budaya yang diangkat. Jepang dapat meraih hasil tersebut dikarenakan menggunakan strategi nation branding. Strategi nation branding yang dilakukan oleh Jepang meliputi upaya periklanan, pengoptimalisasian website, penunjukan nation brand ambassadors, aktivasi jaringan diaspora, pelaksanaan hari besar negara, pemilihan slogan, juga adanya survey terkait nation branding. Semua elemen tersebut dilakukan oleh Jepang untuk meraih capaian yang maksimal dalam upaya nation branding mereka. Walau demikian dalam pelaksanaannya masih ada penggunaan elemen-elemen yang kurang dimaksimalkan.

English Abstract

A country will do various ways to achieve it’s national interest. The way that can be taken by a country such as using hard power like a country's military power. But today many countries are also using soft power to achieve their interests. Elements of a country's soft power can be used in an implementation of nation branding. Japan is a country that makes the nation branding effort from the beginning of 2003 through "Cool Japan". In 2011 to 2015 the Japanese effort showed maximum results with many achievements in the field of culture being lifted. Japan can achieve these results because it uses the strategy of nation branding. The nation branding strategy undertaken by Japan includes advertising efforts, website optimization, appointment of brand ambassadors, activation of diaspora network, country day execution, slogan selection, and nation branding survey. All these elements have been done by Japan to achieve maximum achievement in their nation branding efforts. However, in the implementation there Japan still not maximized those element.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/656/051707941
Uncontrolled Keywords: Soft power, diplomasi publik, nation branding strategy, cool Japan
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.2 Diplomacy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:28
Last Modified: 26 Nov 2020 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4627
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item