Diastira, Ersahd Rizky (2017) Kebijakan anggaran untuk sektor pendidikan gratis di kota Blitar tahun 2010 – 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan pengukuran anggaran APBD berbasis kinerja yang diformulasikan untuk pendidikan gratis di Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan anggran APBD untuk mengavaluasi kinerjanya ketika di implementasikan kepada kondisi sosial yang berada di masyarakat Kota Blitar. Penelitian ini menggunkan konsep Value For Money yang digunakan untuk menganalisis pencapaian kinerja dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik. Terdapat tiga indikator utama dalam konsep Value For Money yaitu Ekonomis, Efisien dan Efektifitas. Ekonomis dalam hal ini adalah pemerolehan hasil dengan kualitas tertentu dengan menggunakan harga yang relatif rendah, kinerja pemerintah daerah bisa dikatakan ekonomis apabila rasionya diatas 100% atau jumlah realisasi penerimaan lebih dari jumlah anggaran yang sudah ditetapkan.Efisien dalam hal ini bisa dikatakan bahwa pemanfaatan hasil minimal guna mencapai hasil yang maksimal atau dalam prakteknya melakukan sesuatu program kegiatan dengan benar, dikatakan efisien jika program atau kegiatan tersebut mampu menghasilkan hasil yang besar atau semaksimal mungkin. Dikatakan efektif apabila pencapaian tingkat hasil program atau kegiatan dengan target yang ditetapkan, menjalaskan kemampuan pemerintah daerah dalam merealisasikan pendapatan asli daerah yang sudah direncanakan kemudian dibandingkan dengan target yang sudah ditetapkan berdasarkan potensi daerah itu sendiri semakin tinggi semakin baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka, wawancara, observasi, dokumentasi yang menjelaskan tentang bagaimana kondisi sosial masyarakat Kota Blitar sebelum adanya kebijakan Walikota Blitar dan sesudah implementasi kebijakan sekolah gratis. Pada penelitian ini peneliti menemukan bahwa banyak sekali hambatan-hambatan yang dialami masyarakat dalam menempuh pendidikan khususnya warga kota. Konsep sekolah gratis ini didasari oleh pilihan sadar dan rasional. Kota Blitar tidak memiliki Sumber Daya Alam yang memadahi yang dapat diolah untuk kesejahteraan masyarakatnya, tidak adanya tambang emas, tambang batu bara,tambang minyak, gunung, laut dan pantai yang dapat diolah untuk pendapatan asli daerah. Realitas alam itulah yang merupakan disadari oleh Walikota Blitar, Samanhudi Anwar, untuk berfokus pada membangun Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Pilihan sadar dan rasionalnya adalah dengan mengoptimalkan pembangunan berbasis manusia (human centered development). Dengan adanya kebijakan program pendidikan gratis di Kota Blitar dan berbagai inovasi untuk pendidikan, masyarakat sangatlah terbantu dan juga bisa meringankan beban para walimurid sehingga anggaran bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainya sehingga program pembangunan Sumber Daya Manusia (human centered development) ini dapat berjalan sesuai harapan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kota Blitar.
English Abstract
The research discusses about how the application of performance-basedregional goverment budget measurement formulated for free education in Blitar. The purpose of this research is describedthe application of regional govermentbudgetfor evaluating its performance when it is implemented to social condition in Blitar city society. The concept of this research is Value For Money that is used to analyze the achievement of performance in good governance. There are three main indicators of Value For Money concept, that are Economical, Efficient and Effective. Economical is the acquisition with a certain quality by using a relatively low price, local government performance categorized to be economical if the ratio is above 100% or amount of realization of receipts more than amount of budget already set. Efficient categorized by the utilization of minimal results in order to achieve maximum results or in practice, do something program activities correctly. It could be efficient if the program or activity is able to produce large or maximum results. While effective if the achievement of the program or activity level with the target set, leveraging the ability of local government in realizing the original revenue area that has been planned and then compared by the target that has been set based on the potential of the region itself, the higher is the better. This research uses qualitative method. This research is written with literature study, interview, observation, documentation that explain about how social condition of society of Blitar City before Blitar Mayor policy and after implementation of free school policy. In this study the researcher found that many of the obstacles faced by the public in taking education, especially the citizens of the city. The concept of free schooling is based on a conscious and rational choice. The city of Blitar does not have sufficient Natural Resources that can be cultivated for the welfare of its people, the absence of gold mines, coal mines, oil mines, mountains, seas and beaches that can be cultivated for local revenue. It is the reality of nature that is realized by the Blitar Mayor, Samanhudi Anwar, to focus on build his Human Resources (HR). The conscious and rational choice is to optimize human-centered development. With the policy of free education program in Blitar City and various innovations for education, the community is very helpful and can also ease the burden of the parent so that the budget can be used for other needs so that human development program (human centered development) can run as expected for Welfare and gains of the people of Blitar City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/639/051707924 |
Uncontrolled Keywords: | Kota Blitar, APBD Pro Rakyat, Pendidikan Gratis. |
Subjects: | 300 Social sciences > 379 Public policy issues in education > 379.1 Specific elements of support and control of public education > 379.122 support by state, provincial, regional goverments |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 00:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4589 |
![]() |
Text
ERSAHD RIZKY DIAZTIRA.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |