Hamdani, Fauzan (2017) Analisis Biaya Produksi Pada Keripik Kentang Dan Keripik Ubi Jalar Dengan Pendekatan Target Costing di CV. Cita Mandiri, Kota Batu, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Melakukan kegiatan produksi suatu barang memerlukan biaya yang harus dikeluarkan. Jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang dengan asumsi faktor-faktor seperti kondisi ekonomi dan efisiensi dalam keadaan normal disebut dengan standard costing. Metode standard costing masih kurang tepat untuk tujuan pengendalian biaya dalam lingkungan bisnis yang kompetitif modern, salah satu metode yang tepat untuk melakukan analisis biaya adalah metode target costing (Monden, 1995). Target costing merupakan metode penentuan biaya produksi berdasarkan harga kompetitor produsen sejenis, sehingga perusahaan memperoleh laba yang diharapkan. CV. Cita Mandiri merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak dalam produksi berbagai macam produk dari sektor pertanian. Produk yang banyak diminati oleh masyarakat dari perusahaan ini adalah keripik kentang dan keripik ubi jalar. Banyaknya pesaing yang menjual produk keripik kentang dan keripik ubi jalar menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat memperoleh pendapatan sesuai dengan targetnya, sehingga perusahaan CV. Cita Mandiri perlu melakukan metode target costing agar target pendapatan dapat tercapai. Biaya produksi keripik kentang dan keripik ubi jalar CV. Cita Mandiri menunjukkan bahwa biaya produksi keripik kentang sebelum dilakukannya metode target costing adalah sebesar Rp 72.316.000 untuk keripik kentang kemasan 100 gram, Rp 45.182.750 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade A, Rp 90.370.350 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade B, Rp 75.798.075 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade C, dan Rp 136.354.100 untuk kemasan keripik ubi jalar. Dengan harga sebesar Rp 15.000 untuk keripik kentang kemasan 100 gram, Rp 130.000 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade A, Rp 120.000 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade B, Rp 110.00 untuk keripik kentang kemasan 1 kg grade C, dan Rp 11.000 untuk kemasan keripik ubi jalar. Margin keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan terhadap produk keripik kentang sebesar 30% dan keripik ubi jalar sebesar 25%, menunjukkan hasil bahwa target profit belum tercapai. Hasil penggunaan metode target costing menunjukkan bahwa biaya keripik kentang tidak melebihi Rp 69.805.200 untuk kemasan 100 gram, Rp 44.945.175 untuk kemasan 1 kg grade A, Rp 86.408.895 untuk kemasan 1 kg grade B, dan Rp 57.230.577 untuk kemasan 1 kg grade C. Hasil penggunaan dengan metode target costing dapat mencapai target profit yang diinginkan oleh perusahaan. Sedangkan, biaya pada produk keripik ubi jalar dengan penggunaan metode target costing memiliki hasil yang lebih besar dibandingkan dengan metode standard costing, namun hasil dari target profit belum dapat tercapai. Karena harga keripik ubi jalar yang tinggi, sehingga permintaan keripik ubi jalar tidak sesuai dengan target perusahaan dan menyebabkan target profit tidak tercapai.
English Abstract
Doing the production of an item cost that must be removed. The amount of costs to produce an item on the assumption that factors such as economic conditions and efficiency in normal circumstances be called and costing. Standard costing method is still less precise for controlling cost purpose in a modern competitive business environment, one of the precise method to analyze cost is target costing method (Monden, 1995). Target costing is a method of determining the cost of production on the basis of price competitors to produce some kind of, so that companies earn a profit expected. CV. Cita Mandiri is one of the Industrial company that run in production of many production from agricultural sector. The products that many of it demanded by public from this company are potato chips and sweet potato chips. The numbers of competitors that sell potato chips and sweet potato chips product become a problem for the company to earn the target profit, so that CV. Cita Mandiri need to do target costing method in order to get the target profit. The cost of potato chips and sweet potato chips of CV. Cita Mandiri show that production cost of potato chips before target costing method implanted is IDR 72.316.000 for potato chips with 100 gram packaging, IDR 45.182.750 for potato chips with 1kg grade A packaging, IDR 90.370.350 for potato chips with 1 kg grade B, IDR 75.798.075 for potato chips with 1kg grade C, and IDR 136.354.100 for sweet potato packaging. With the prices of IDR 15.000 for potato chips with 100 gram packaging, IDR 130.000 for potato chips with 1kg grade A packaging, IDR 120.000 for potato chips with 1 kg grade B packaging, IDR 110.00 for potato chips with grade C packaging, and IDR 11.000 for sweet potato packaging. The profit margin that is wanted by the company for potato chips is 30% and sweet potato chips is 25%, show a result that the target profit is not yet reached. The result of using target costing method shows that the cost of potato chips is not exceeding from IDR 69.805.200 for 100 gram packaging, IDR 44.945.175 for 1 kg grade A packaging, IDR 86.408.895 for 1 kg grade B packaging, and IDR 57.230.577 for 1 kg grade C packaging. The result of using target costing method can reach the target profit that the company wanted. While, cost for sweet potato product by using target costing method has more result compared with standard costing method, however the result from target profit not yet reached. Because the high price of sweet potato, so that the demand of sweet potato is not the same with the company’s target and causing the target profit not reached.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/278/051706246 |
Uncontrolled Keywords: | Target Costing, Biaya Produksi, Keripik Kentang, Keripik Ubi Jalar |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.13 Financial aspects |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 08:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |