Hutagalung, Tria Kristiani (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Media Online (E-Commerce) Di Abang Sayur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Perkembangan tersebut dapat kita lihat pada peningkatan penggunaan internet. Peningkatan ini dipengaruhi oleh semakin mudahnya perangkat untuk mengakses internet. Tingginya penggunaan internet juga tidak terlepas dari kemudahan dalam mengakses informasi dan komunikasi melalui media online. Dilihat dari persentasenya, konten komersial merupakan satu dari enam konten yang paling sering diakses melalui media online. Dengan adanya media online dalam internet maka proses jual beli tetap bisa dilakukan tanpa harus melakukan pertemuan secara fisik antara penjual dan pembeli. Kegiatan dalam dunia usaha dengan memanfaatkan teknologi internet melalui media online adalah bentuk inovasi dalam memasuki pasar di dunia maya yang disebut sebagai electronic business dan commerce (e-business dan e-commerce). Praktik e-commerce dan e-bisnis ternyata mempunyai banyak keuntungan baik bagi perusahaan ataupun konsumen disebabkan pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat diiringi semakin majunya teknologi. Saluran interaktif yang mendukung perdagangan secara online adalah website, blog, search marketing, email marketing, mobile marketing, social media channels, dan masih banyak saluran interaktif dan aktivitas online yang mendukung. Pemasaran melalui saluran-saluran tersebut tentu tidak terlepas dari kegiatan komunikasi pemasaran. Maraknya e-commerce dan penggunaan media online juga merambah pada pasar produk pertanian. Produsen yang mengembangkan e-commerce di bidang pertanian diantaranya adalah Abang Sayur Malang. Rendahnya minat masyarakat terhadap kebutuhan pokok tidak dirasakan oleh Abang Sayur. Abang Sayur merasakan respon yang sangat baik dari masyarakat Kota Malang. Kelebihan dan kekurangan dari berbagai media online serta kegiatan pemasaran dan proses komunikasi yang dilakukan oleh Abang Sayur tentu mempengaruhi bagaimana strategi yang tepat dalam melakukan komunikasi pemasaran. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menggambarkan proses komunikasi yang dilakukan Abang Sayur. (2) Untuk mengetahui dan menggambarkan strategi pemasaran secara online yang dilakukan Abang Sayur. (3) Untuk mengetahui dan menggambarkan strategi komunikasi pemasaran secara online yang dilakukan Abang Sayur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pemilihan lokasi penelitian dan 7 penentuan informan secara purposive. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles and Huberman serta menggunakan metode triangulasi data untuk keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah proses komunikasi yang dilakukan Abang Sayur adalah model makro proses komunikasi, dimana elemen-elemen dalam proses komunikasi tersebut adalah pengirim, penerima, encode, decode, media, pesan, feedback, dan gangguan. Pengiriman pesan yang dilakukan dalam proses komunikasi yang berlangsung berasal dari kedua pihak yaitu Abang Sayur dan calon konsumen/konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan Abang Sayur adalah menentukan segmentasi pasar, target pasar, dan membentuk citra yang baik di masyarakat sehingga memiliki posisi yang baik khususnya bagi pelanggan. Selain itu, Abang Sayur menggunakan strategi pemasaran dengan bauran pemasaran berbasis internet 5C yaitu co-creation, currency, communal activation, conversation, dan connect. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Abang Sayur adalah periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publisitas, dan berita dari mulut ke mulut (word of mouth/WOM).
English Abstract
Information and communication technology is a rapidly growing technology in Indonesia. These developments can be seen in the increasing use of the internet. This increase is influenced by the increasingly easy device to access the internet. The high use of the internet is also inseparable from the ease of accessing information and communication through online media. Judging from the percentage, commercial content is one of the six most frequently accessed content through online media. With the online media in the internet then the process of buying and selling can still be done without having a physical meeting between the seller and the buyer. Activities in the business world by utilizing Internet technology through online media is a form of innovation in entering the market in the virtual world called electronic business and commerce (e-business and e-commerce). The practice of e-commerce and e-business turns out to have many advantages for both companies and consumers due to the rapid growth of internet users with the advancing technology. Interactive channels that support online trading are websites, blogs, search marketing, email marketing, mobile marketing, social media channels, and many interactive channels and supportive online activities. Marketing through these channels certainly can not be separated from marketing communication activities. The rise of e-commerce and the use of online media also penetrated the market of agricultural products. Manufacturers who develop e-commerce in agriculture such as Abang Sayur Malang. The low public interest in basic needs is not felt by Abang Sayur. Abang Sayur feel a very good response from the people of Malang. The advantages and disadvantages of various online media and marketing activities and communication process conducted by Abang Sayur certainly affect how the right strategy in marketing communication. Therefore, the purpose of this study are (1) To know and describe the communication process made by Abang Sayur. (2) To know and describe online marketing strategy by Abang Sayur. (3) To know and describe online marketing communication strategy by Abang Sayur. The type of this research is qualitative research with case study approach with choice of research location and informant determination purposively. Data analysis method used is Miles and Huberman analysis model and using data triangulation method for data validity. The result of this research is communication process done by Abang Sayur is macro model of communication process, where the elements in the 9 communication process are sender, receiver, encode, decode, media, message, feedback, and disturbance. The delivery of messages made in the process of ongoing communication comes from both parties namely Vegetables and prospective consumers / consumers. Abang Sayur's marketing strategy is to determine market segmentation, target market, and form a good image in society so that it has a good position, especially for customers. In addition, Abang Sayur uses marketing strategy with 5C internet based marketing mix that is co-creation, currency, communal activation, conversation, and connect. Marketing communication strategy made by Abang Sayur is advertising, sales promotion, direct marketing, public relations and publicity, and word of mouth (word of mouth / WOM).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/222/051705050 |
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Komunikasi, Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4545 |
Text
TRIA KRISTIANI HUTAGALUNG.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |