Model Prediksi Kecelakaan Yang Melibatkan Pengendara Sepeda Motor Di Kota Surabaya

Zahiya, Adella Dwi Naura and Adhyanti, Miftha (2017) Model Prediksi Kecelakaan Yang Melibatkan Pengendara Sepeda Motor Di Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sepeda motor kini menjadi moda transportasi yang kian digemari masyarakat Indonesia karena dianggap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dari aspek harga, kemampuan bermanuver, dan efisiensi biaya. Namun pertumbuhan sepeda motor diringi dengan pertumbuhan jumlah kecelakaan. Berdasarkan data kecelakaan dari POLDA JATIM, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor di tahun 2014 sebesar 721 kasus kecelakaan, tahun 2015 menjadi 929 kasus kecelakaan, dan tahun 2016 menjadi 1325 kasus kecelakaan dengan korban kecelakaan diprediksi mencapai 3800 jiwa. Potensi tingginya angka kecelakaan sepeda motor yang kian meningkat adalah salah satu masalah lalu lintas di perkotaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik pengendara dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kota Surabaya. (2) Mengetahui karakteristik jalan yang dilintasi pengendara sepeda motor di Kota Surabaya. (3) Membuat model prediksi kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskiptif Frekuensi dan Generalized Linear Model. Analisis Deskriptif Frekuensi digunakan untuk mencari karakteristik pengendara dan karakteristik kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Adapun Generalized Linear Model digunakan untuk mencari model prediksi kecelakaan sepeda motor yang dapat terjadi pada kondisi jalan dan lalu lintas tertentu serta mencari variabel yang berpengaruh terhadap kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor. Lokasi studi berjumlah 24 ruas jalan yang memiki angka kecelakaan cukup tinggi di Kota Surabaya pada kondisi antara tahun 2014 sampai 2017 (Jan-Feb) dengan asumsi bahwa tidak ada perubahan karakteristik yang signifikan selama masa studi, dan karakteristik tiap ruas yang relatif sama. Hasil analisis data kecelakaan menyatakan bahwa karakteristik pengendara sepeda motor di Kota Surabaya adalah mayoritas laki-laki mencapai angka 64,2% pada rentang usia 15-25 tahun sebanyak 28% dan 64,8% memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta. Sedangkan karakteristik kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kota Surabaya adalah 33,6% pada rentang waktu 12.00-17.59 WIB saat cuaca cerah (90,9%) dan geometrik lokasi adalah lurus (84,5%). Kemudian jenis kecelakaan adalah double (79,7%), mayoritas cidera luka ringan (49,9%) dengan kerugian pada rentang Rp 201.000 – Rp 500.000 (42%). Model prediksi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di Kota Surabaya McA= 0,00225

English Abstract

Motor cycles have become transportation that increasingly popular to Indonesian, because they are able to meet the needs of the society which are the price, the ability to manoeuvre, and cost efficiency. Nonetheless the growth of motor cycles are accompanied by the growth of number of accidents. Based on data from East Java Police, The number of traffic accident involving a motor cycles in 2014 amount to 721 accident, in 2015 become 929 accident, and in 2016 become 1325 accident with the accident victims is predicted to reach 3800 casualties. The high potential of motorcycle accidents that keep increasing is one of the traffic problem in urban areas . The purpose of this research are: (1) To know the characteristics of riders and traffic accident characteristics involving motorcycle in Surabaya City. (2) To know the geometric characteristics of the road crossed the motorcycle user in Surabaya. (3) Creating prediction model involving motorcycles users in Surabaya City. Analysis method used are Descriptive Analysis of Frequency and Generalized Linear Model. Descriptive frequency analysis is used to find the characteristics of rider and accident characteristics involving motorcycle users. As for generalized linear model is used to find the model predictions motorcycle accident that can occur under certain road conditions and traffic certain, and figuring which variable that affect the traffic accident especially motorcycles. The study location are in 24 roads with quite high number of accidents in Surabaya city on conditions between 2014 until 2017 (Jan-Feb) assuming that no significant change of characteristics during the study, and characteristics each of segments are relatively same. From the analysis of accident data, it is stated that characteristic riders in Surabaya city are majority men ammounted to 64,2 %, with range of age is 15-25 years old around 28 % and 64,8 % have a job as private employees. Whereas characteristic of accidents involving a rider in the Surabaya city is 33,6 % in a span of 12.00-17.59 WIB in fine weather ( 90,9 % ) and geometric location was straight ( 84,5 % ). Kind of accident is double ( 79,7 % ) , the majority injured are minor injuries ( 49,9 % ) with a loss in range of Rp 201.000 – Rp 500.000 (42%). Prediction Model of Motor Cycles Accident in The City of Surabaya McA= 0,00225

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1025/051710242
Uncontrolled Keywords: Model prediksi, Kecelakaan sepeda motor, Generalized linear model, Kota Surabaya
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.12 Transportation hazards > 363.125 Highway and urban vehicular transportation > 363.125 9 Hazards in use of specific types of vehicles other than automobiles
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:01
Last Modified: 24 Sep 2020 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4495
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item