Indriani, R. Ayu Dwi Vivi (2017) The Teachers' Strategies In Teaching Speaking At Ctc Program Of Basic English Course (Bec), Pare, Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris mempunyai peran yang sangat penting bagi para peserta didik untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari di era globalisasi, selain itu juga untuk mengembangkan skill komunikasi mereka. Ironisnya, masih banyak siswa yang tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik, walaupun mereka telah belajar Bahasa Inggris dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Salah satu permasalahan mengapa siswa sulit untuk memahami bahasa Inggris adalah karena strategi mengajar yang kurang menarik di sekolah. Jadi, untuk membuat kegiatan belajar mengajar speaking lebih menarik dan mudah untuk dipahami oleh siswa, guru harus menggunakan beberapa strategi yang efektif. Penelitian ini meneliti tentang strategi guru yang digunakan di lembaga kursus Basic English Course (BEC), Pare, Kediri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran dari rangkaian proses pengajaran speaking di program Candidate Training Class (CTC) di BEC, Pare, Kediri. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah semua siswa kelas dari kelas J di program CTC pada periode akademik Maret-Mei tahun 2017. Ada dua teknik yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya pengamatan dan wawancara dengan guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan model Interaktif oleh Miles, Hubberman dan Saldana (2014). Analisis data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi tiga prosedur, yakni; kondensasi data, menampilkan data, dan penarikan kesimpulan atau memverifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan empat metode yang terdiri dari empat belas strategi yang dikemukakan oleh Freeman (2000), yaitu: (1) Metode penerjemahan sesuai dengan tata bahasa (GTM) yang terdiri dari praktek menerjemahkan bacaan atau kalimat, melatih siswa membuat contoh secara deduksi, praktek menghafal (2) Metode secara langsung (DM) yang terdiri dari praktek membaca dengan suara keras, latihan tanya jawab, dan praktek percakapan (3) Metode audio lingual (ALM) yang terdiri dari praktek pengulangan, latihan pengulangan, praktek transformasi, praktek tanya jawab, permainan tata bahasa, kemudian (4) Metode dengan cara diam yang terdiri dari melatih siswa mengoreksi kesalahan teman, melatih siswa mengoreksi kesalahan sendiri bedasarkan isyarat dari guru, dan memberikan umpan balik secara struktur. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar para guru mengajak semua siswa untuk aktif dalam berpartisipasi di kelas supaya membuat siswa lebih banyak
English Abstract
English has an important role for learners to communicate in their daily life in globalization era and to develop their communication. Ironically, still many students cannot speak English well although they have learnt English from elementary school up to university. One of the problems why it is difficult for the students to understand English is because uninteresting teaching strategies at school. So, to make teaching speaking more interesting and easy to understand, teacher should use some strategies effectively. This study investigates the teachers' strategies used at Basic English Course in Pare (BEC), Kediri. This study is conducted by using descriptive qualitative. The participants of this study were all students in J class of CTC program. There are two techniques in collecting data in this research, those are observation and interview. The data analysis in this study can be broken down into three procedures; data condensation, data display, and conclusion drawing or verification. The result of this research shows that the teachers applied fourteen strategies according to freeman (2000), namely translation of a literary passage, deductive application or rule, memorization, reading aloud, question and answer exercise, and conversation, backward build-up (expansion) drill, repetition drill, transformation drill, questions and answer drill, grammar game, peer correction, self-correction gesture and structured feedback. Based on the result, it is suggested for the teachers to allow all the students to take active participation in the classroom, to make the students more engaged in classroom activities. For the future researcher, that they may try to find out how other strategies are applied in teaching speaking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/353/051705417 |
Uncontrolled Keywords: | teaching strategies, speaking skill, BEC, CTC program |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 07:53 |
Last Modified: | 11 Dec 2020 02:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/446 |
Preview |
Text
R. Ayu Dwi Vivi Indriani.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |