The Implementation Of “Our World” Software Program In Teaching English For The Fourth Grade Students Of Sd Bina Budi Mulia Malang

Chorida, Lasminiati Nurul (2017) The Implementation Of “Our World” Software Program In Teaching English For The Fourth Grade Students Of Sd Bina Budi Mulia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengajaran bahasa Inggris kepada peserta didik usia dini berbeda dengan pengajaran bahasa Inggris kepada orang dewasa berbeda karena para guru seharusnya dapat menciptakan suasana terbaik di kelas dan memilih media terbaik untuk membuat siswa memahami materi dengan mudah. Scott dan Ytreberg (1990) menyatakan bahwa salah satu karakteristik peserta didik usia dini adalah mereka suka untuk bermain dan belajar paling baik saat mereka menikmati aktivitas. Karena itu, salah satu media yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik usia dini adalah program perangkat lunak Our World. Peneliti menemukan bahwa salah satu guru di SD Bina Budi Mulia Malang menggunakan program perangkat lunak Our World sebagai media pengajaran. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi program perangkat lunak Our World oleh guru didalam mengajar bahasa Inggris dan masalah yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 8 siswa kelas IV dan guru bahasa Inggris di SD Bina Budi Mulia Malang. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi kelas dan mewawancarai guru. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti diusulkan oleh Miles dan Huberman (1994). Setelah peneliti memperoleh data, peneliti mulai memilih data penting yang relevan dengan permasalahan penelitian. Setelah mengurangi data, langkah selanjutnya adalah menampilkan data. Kemudian, peneliti sampai pada langkah terakhir yaitu menggambar kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana guru menggunakan program perangkat lunak Our World sebagai media pembelajaran didalam mengajar bahasa Inggris dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah adaptasi ketika guru menggunakan program perangkat lunak Our World untuk pertama kali dan guru sulit untuk mengembalikan fokus siswa terhadap materi pembelajaran setelah guru memutar video, lagu, ataupun permainan. Dari temuan tersebut, terlihat bahwa prestasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan program perangkat lunak Our World sangat baik karena siswa memahami materi dengan mudah. Kesimpulannya, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan program perangkat lunak Our World dalam pengajaran bahasa Inggris itu baik, karena program perangkat lunak Our World telah membuat guru mengajar bahasa Inggris dengan mudah sejak adanya beberapa video dan aktivitas didalamnya. Penelitian ini juga bisa menjadi rujukan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian dengan topik yang sama.

English Abstract

Teaching English to the young learners is different from teaching English to adult because teachers should be able to create the best atmosphere in class and choose the best media to make students understand the materials easily. Scott and Ytreberg (1990) states that one of characteristic of young learners is the love to play and learn best when they are enjoying the activity. Therefore, one of the media that is appropriate to be given to the young learners is Our World software program. The researcher found that one of the teachers at SD Bina Budi Mulia Malang uses Our World software program as a medium of teaching. Thus, the researcher is interested in doing a research about the implementation of Our World software program in teaching English by the teacher and the problems faced by the teacher. This research used descriptive qualitative method. The participants of this research were 8 students of fourth grade class and an English teacher at SD Bina Budi Mulia Malang. In order to collect the data, the researcher did classroom observation and interviewed the teacher. The data analysis technique that was used by the researcher was proposed by Miles and Huberman (1994). After the researcher obtained the data, the researcher started to select the important data that was relevant with the research problems. After reducing the data, the next step was displaying the data. Then, the researcher came to the last step that was drawing conclusion or verification. The result of this research shows how the teacher uses Our World software program as medium of teaching in teaching English and the problems faced by the teacher were in adaptation when the teacher uses this software program for the first time and the teacher was difficult to make the students focus again on learning materials after the teacher play videos, songs, or games. From the finding, it was shown that the students’ achievement in teaching and learning process by using Our World software program was good because students understand the materials easily. In conclusion, the researcher conclude that the use of Our World software program in teaching English was good, because it made the teacher taught English easily since there were some videos and activities in it. This research can also be reference for further researchers in conducting a research with relevant topic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/690/051707469
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik Usia Dini, Program Perangkat Lunak Our World.
Subjects: 300 Social sciences > 372 Primary education (Elementary education) > 372.6 Language arts (Communication skills)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Oct 2017 08:37
Last Modified: 23 Oct 2021 11:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4403
[thumbnail of 050903034.pdf]
Preview
Text
050903034.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item