Pengaruh Strategi Harga dan Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Brand Loyalty Air Minum Dalam Kemasan (“Merek “Cleo”) di Kota Malang

SAMOSIR., SILVIA SARY (2017) Pengaruh Strategi Harga dan Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Brand Loyalty Air Minum Dalam Kemasan (“Merek “Cleo”) di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya industri Air minuman dalam kemasan disebabkan karena kebutuhan akan minuman praktis dan siap dikonsumsi telah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Salah satu industri yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yaitu Tanobel atau identitas perusahaan PT. Sariguna Primatirta yang memproduksi AMDK merek “Cleo”. Agar tetap dapat bersaing di pasaran, merek “Cleo” membutuhkan strategi dalam pemasarannya. Adapun strategi yang digunakan pada penelitian seperti strategi harga dan produk. Strategi harga dan produk memiliki kelebihan dibandingkan dengan strategi lainnya. Dengan diterapkannya strategi harga dan produk pada AMDK merek “Cleo” dapat mempertahankan keputusan pembelian dan brand loyalty konsumen dengan cara mem-breakdown variabel-variabel yang bepengaruh. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh strategi harga dan produk terhadap keputusan pembelian dan brand loyalty serta mengetahui indikator apa yang paling berpengaruh pada AMDK merek “Cleo”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan rentang usia 17-60 tahun yang pernah mengkonsumsi AMDK merek “Cleo” minimal 5 kali dalam setahun terakhir di Kota Malang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) merupakan teknik analisis yang digunakan untuk memproyeksikan hubungan linier antar variabel-variabel pengamatan. Melalui metode PLS akan terbentuk model dari variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian dan brand loyalty pada konsumen. PLS mampu memilih faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan brand loyalty Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu strategi harga. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap brand loyalty yaitu keputusan pembelian. Keputusan pembelian menjadi mediator pada hubungan strategi harga dengan brand loyalty dan strategi produk dengan brand loyalty. Variabel strategi produk memiliki hubungan negatif terhadap brand loyalty artinya semakin tinggi atau baik strategi produk maka brand loyalty akan mengalami penurunan. Sedangkan variabel strategi harga dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif terhadap brand loyalty. Indikator yang berpengaruh pada variabel strategi harga yaitu kualitas produk, indikator yang berpengaruh pada strategi produk yaitu kualitas produk, indikator yang berpengaruh pada keputusan pembelian yaitu kebutuhan dan keinginan akan suatu produk, dan indikator yang berpengaruh pada brand loyalty yaitu recommend friends.

English Abstract

The increasing industrial water drinks in packaging due to the need for practical and prepared drinks consumed has been the lifestyle of today's society. One of the industries that produce drinking water in containers is Tanobel or corporate identity PT Sariguna Primatirta producing water drinks in packaging brand "Cleo". In order to still be able to compete in the market, the brand "Cleo" requires strategies in its marketing. As for the strategies used in research such as pricing strategies and products. Product and pricing strategies have advantages compared to other strategies. By implementing pricing strategies and products in drinking water in packaging brand "Cleo" can maintain the purchasing decisions and brand loyalty of consumers by way of posting a breakdown of influential variables. The purpose of this research, to know how the pricing strategies and products towards purchasing decisions and brand loyalty as well as find out what are the most influential indicators on drinking water in packaging brand "Cleo". The sample used in this study as many as 100 people by age range 17-60 years ever consume bottled drinking water brand "Cleo" at least 5 times in the last year in the city of Malang. In this study, the method used is the Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) is a technique used to project the analysis of the linear relationship between the variables of observations. Through the method PLS will form a model of the variables that affect purchasing decisions and brand loyalty in consumers. PLS is able to select the factors that most influence on purchasing decisions and brand loyalty. The results of this study indicate that the variables that influence the purchase decision that is against the dominant pricing strategy. Variables that have a dominant influence towards brand loyalty is a purchasing decision. Purchase decisions be mediator in the relationship pricing strategy with brand loyalty and product strategy with brand loyalty. Variable product strategy has a negative relationship towards brand loyalty means getting high or good product strategy then brand loyalty will decline. While variable pricing strategy and purchasing decisions have a positive relationship towards brand loyalty. Indicators that effect on variable pricing strategy that is an indicator of product quality, impact on product strategy, namely product quality, indicators that affect the purchasing decision is the needs and desires of a product, and indicators that effect on brand loyalty is to recommend friends.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/407/051709254
Uncontrolled Keywords: Brand Loyalty, Keputusan Pembelian, Strategi Harga, Strategi Produk
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.6 Public utilities and related services > 363.61 Water supply
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:53
Last Modified: 13 Oct 2020 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4259
[thumbnail of SAMOSIR., SILVIA SARY.pdf]
Preview
Text
SAMOSIR., SILVIA SARY.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item