Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus UKM Rizky Barokah)

Safi’i, Achmad Idris (2017) Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus UKM Rizky Barokah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari kualitas produk (X1), harga (X2), merek (X3), dan kemasan (X4), terhadap keputusan pembelian (Y) pada UKM Rizky Barokah di Kota Malang. Keputusan pembelian dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa dimana individu terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan mempergunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Responden penelitian ini 50 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel atribut produk (kualitas produk, harga, merek, dan kemasan) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen keripik tempe Rizky Barokah yaitu kualitas produk (X1) dan kemasan(X4). Untuk variabel lain, yaitu harga (X2) dan merek (X3) tidak signifikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen keripik tempe Rizky Barokah. Variabel yang yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian keripik tempe Rizky Barokah adalah variabel kemasan.

English Abstract

This study aims to determine the effect of product attribute variables consisting of product quality (X 1), price (X 2), brand (X 3), and packaging (X 4), on purchasing decisions (Y) on Rizky Barokah SMEs in Malang. Purchasing decisions can be interpreted as part of consumer behavior that aims to determine the process of decision development in buying an item or service where individuals are directly involved in obtaining and using goods or services offered. Partial Least Square (PLS) was used as data analysis in this study. The respondents of this study are 50 people. The results reveal that the variable attributes of the product (product quality, price, brand, and packaging) are a positive and having significant impact on consumer purchasing decisions on Rizky Barokah Tempe chips is the quality of the product (X 1) and packaging (X 4). For the other variables, namely price (X 2) and brand (X 3) no significant effect on consumer purchasing decision of Rizky Barokah Tempe chips. The most dominantly influential variable on the purchasing decision of Rizky Barokah Tempe chips is the packaging variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/393/051709240
Uncontrolled Keywords: UKM Rizky Barokah, Keputusan Pembelian, Atribut Produk, Partial Least Square (PLS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Oct 2017 06:32
Last Modified: 10 Nov 2020 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4192
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item