Penggunaan Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Serta Karakter Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Bangkalan Tahun Akademik 2016/2017)

Wardani, Fi’liyah (2017) Penggunaan Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Serta Karakter Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Bangkalan Tahun Akademik 2016/2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis cluster merupakan analisis multivariat untuk mengelompokkan objek pengamatan berdasarkan kemiripan antar objek. Metode agglomerative hierarchical clustering merupakan teknik pengelompokan dengan banyak cluster belum diketahui dimana pengelompokan objek dilakukan dengan penggabungan. Penerapan agglomerative hierarchical clustering dengan pendekatan jarak squared Euclidean pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengelompokan siswa kelas XII SMAN 2 Bangkalan berdasarkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual serta karakter siswa. Dengan mempertimbangkan nilai rasio simpangan baku dalam cluster dan simpangan baku antar cluster diperoleh 3 cluster. Cluster 1 terdiri dari 48,7% siswa kelas reguler yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang rendah. Cluster 2 terdiri dari 51,3% siswa kelas reguler dan 77,3% siswa kelas unggulan yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang sedang. Cluster 3 terdiri dari 22,7% siswa kelas unggulan yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang tinggi. Hasil pengelompokan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan pihak sekolah dalam menentukan syarat siswa baru masuk kelas unggulan.

English Abstract

Cluster analysis is a multivariate analysis to classify object of observation based on similarity between objects. Agglomerative hierarchical clustering method is a grouping technique with unknown number of clusters where grouping of objects by merging. The application of agglomerative hierarchical clustering with Euclidean squared distance approach in this research is used to grouping students of the class XII Senior High School 2 Bangkalan based on intellectual, emotional, and spiritual intelligence and the character of students. Considering the ratio of the standard deviation in the cluster and the standard deviation between the clusters obtained by 3 clusters. Cluster 1 consists of 48.7% of regular class students who are classified as students who have low intelligence and character. Cluster 2 consists of 51.3% of regular class students and 77.3% of superior class students are classified as students who have medium intelligence and character. Cluster 3 consists of 22.7% of superior class students who are classified as students who have high intelligence and character. Therefore, the results of this grouping can be utilized as a consideration of the school in determining the requirements of new students enter the superior class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/251/051705727
Uncontrolled Keywords: agglomerative hierarchical clustering, squared Euclidean, kelas unggulan, kecerdasan, karakter
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.535 Multivariate analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Oct 2017 06:38
Last Modified: 24 Nov 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4191
[thumbnail of 135090500111005_Fi'liyah Wardani (full skripsi).pdf]
Preview
Text
135090500111005_Fi'liyah Wardani (full skripsi).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item