Pemetaan Preferensi Pemilihan Merek Dan Harga Smartphone Berdasarkan Uang Saku Menggunakan Multiple Correspondence Analysis (Studi Pada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015)

Husna, Maulida Rahmatul (2017) Pemetaan Preferensi Pemilihan Merek Dan Harga Smartphone Berdasarkan Uang Saku Menggunakan Multiple Correspondence Analysis (Studi Pada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan smartphone saat ini mempunyai peranan penting bagi masyarakat dan kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Brawijaya Malang di mana kebutuhan infomasi semakin mendominasi serta kebutuhan mahasiswa juga dipengaruhi uang saku. Pemetaan dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai preferensi pemilihan merek smartphone dan harga smartphone berdasarkan uang saku. Metode statistika yang dapat digunakan untuk pemetaan adalah Multiple Correspondence Analysis (MCA). Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan MCA untuk pemetaan preferensi pemilihan merek smartphone, harga smartphone, berdasarkan uang saku sehingga didapatkan informasi keterkaitan uang saku terhadap preferensi pemilihan smartphone. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran angket dengan responden mahasiswa Universitas Brawijaya Malang angkatan 2015. Dengan MCA diperoleh grafik dua dimensi dengan proporsi keragaman sebesar 76.103%, terbentuk tiga kelompok yaitu: Mahasiswa dengan uang saku tinggi memiliki dua preferensi kategori harga smartphone, yaitu Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000 atau lebih dari Rp 3.000.000. Preferensi merek yang dipilih adalah Iphone, Samsung atau Sony. Mahasiswa dengan uang saku sedang memiliki preferensi harga smartphone Rp 2.000.000 – Rp 2.500.000. Preferensi merek yang dipilih adalah Vivo, Lenovo, Oppo atau Asus. Mahasiswa dengan uang saku rendah memiliki preferensi smartphone dengan dua kategori harga, yaitu kurang dari Rp 1.500.000 atau Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000. LG, Smartfren Microsoft, Xiaomi atau Advan adalah preferensi merek yang dipilih.

English Abstract

The use of smartphone plays an important role for the community and among students, particularly students of the University of Brawijaya Malang where the needs of information increasingly dominate. The needs of the student can be affected by student’s allowance, because the majority of students have additional allowance. The mapping can be done to obtain information about the preferences selection brand smartphone and smartphone based on the price of the allowance. Statistical methods that can be used for mapping is Multiple Correspondence Analysis (MCA). The purpose of this research is to apply for MCA selection preference mapping brand smartphone and smartphone’s price based of the allowance so that the information obtained by the relationship of allowance against the selection preferences of smartphones. The research using primary data with purposive technique sampling that comes from the spread of the questionnaire with respondents was University students of Brawijaya Malang batch 2015. With MCA acquired a two-dimensional graph with the diversity proportion of 76,103%, there are three cluster shaped: obtained the information of students who got high allowance have preference to choose two type of price Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000 or mote than Rp 3.000.000 the preference selected brand are Iphone, Samsung or Sony. Medium Allowance range have a preference of price Rp 2.000.000 – Rp 2.500.000, preference of selected brand were Vivo, Lenovo, Oppo or Asus, and low allowance have two type price preference Rp 1.500.000 or Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000. LG, Smartfren Microsoft, Xiaomi or Advan are selected preference brand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/303/051706455
Uncontrolled Keywords: Multiple correspondence analysis, Smartphone, Pemetaan, uang saku
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.535 Multivariate analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:48
Last Modified: 23 Nov 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4132
[thumbnail of MAULIDA RAHMATUL HUSNA 135090501111042 (Skripsi Full).pdf]
Preview
Text
MAULIDA RAHMATUL HUSNA 135090501111042 (Skripsi Full).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item