Kanthohe, Novenia Hefar (2017) Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan Sekitar Kampus Dengan Metode Fuzzy Ahp-Vikor (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu indikator keberhasilan untuk meningkatkan mutu pelayanan ialah kepuasan konsumen. Pada industri jasa khususnya kesehatan, salah satu karakteristik yang harus ditingkatkan ialah kualitas. Pada skripsi ini membahas tentang fuzzy AHP-VIKOR dengan studi kasus pada mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya. Kriteria yang digunakan pada skripsi ini diperoleh berdasarkan hasil studi pustaka yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Alternatif tempat pelayanan kesehatan yang digunakan adalah Poliklinik Universitas Brawijaya, UMM Medical Center, dan RSI UNISMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan sekitar kampus. Tahap pertama metode fuzzy AHP menghasilkan dua kriteria dengan bobot tertinggi yang nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya, yaitu: tangible dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,5385 dan reliability dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,4615. Tahap selanjutnya dengan metode VIKOR menunjukkan perangkingan dari alternatif. Rangking pertama dipegang oleh Poliklinik Universitas Brawijaya dengan nilai indeks sebesar 0,0045. Kemudian UMM Medical Center dengan nilai indeks sebesar 0,0304 dan RSI UNISMA dengan nilai indeks sebesar 1.
English Abstract
One of indicator in increasing service quality is consument’s satisfaction. In medical service, the characteristic that have to be developed is quality. This project discusses the fuzzy AHP-VIKOR method with the case of FMIPA Brawijaya University’s students. The criteria that will be used for research by literature study are reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Service place alternatives that will be used are Poliklinik Brawijaya University, UMM Medical Center, and RSI UNISMA. The goal of this research is to evaluate the medical service performance around the campuss area. First step by using fuzzy AHP resulting two criteria that having two best scores, that is tangible and reliability. Which later these two criteria will be used for the next step, normalization of the tangible resulting the score criteria of 0,5385 and normalization of reliability resulting the score criteria of 0,4615. The next step by using VIKOR method shows the rank of the alternatives. The first is Poliklinik Brawijaya University with the index score 0,0045. The next is UMM Medical Center with index score 0,0304 and the last is RSI UNISMA with index score 1.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FMIPA/2017/282/051706143 |
Uncontrolled Keywords: | kualitas jasa, fuzzy AHP, VIKOR, pelayanan kesehatan. |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.31 Nonclassical logic > 511.313 Fuzzy logic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 07:17 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4100 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (109kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (318kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (542kB) | Preview |
Preview |
Text
MUKADIMAH.pdf Download (274kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (795kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (562kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |