Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan Sekitar Kampus Dengan Metode Fuzzy Ahp-Vikor (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya)

Kanthohe, Novenia Hefar (2017) Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan Sekitar Kampus Dengan Metode Fuzzy Ahp-Vikor (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan untuk meningkatkan mutu pelayanan ialah kepuasan konsumen. Pada industri jasa khususnya kesehatan, salah satu karakteristik yang harus ditingkatkan ialah kualitas. Pada skripsi ini membahas tentang fuzzy AHP-VIKOR dengan studi kasus pada mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya. Kriteria yang digunakan pada skripsi ini diperoleh berdasarkan hasil studi pustaka yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Alternatif tempat pelayanan kesehatan yang digunakan adalah Poliklinik Universitas Brawijaya, UMM Medical Center, dan RSI UNISMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan sekitar kampus. Tahap pertama metode fuzzy AHP menghasilkan dua kriteria dengan bobot tertinggi yang nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya, yaitu: tangible dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,5385 dan reliability dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,4615. Tahap selanjutnya dengan metode VIKOR menunjukkan perangkingan dari alternatif. Rangking pertama dipegang oleh Poliklinik Universitas Brawijaya dengan nilai indeks sebesar 0,0045. Kemudian UMM Medical Center dengan nilai indeks sebesar 0,0304 dan RSI UNISMA dengan nilai indeks sebesar 1.

English Abstract

One of indicator in increasing service quality is consument’s satisfaction. In medical service, the characteristic that have to be developed is quality. This project discusses the fuzzy AHP-VIKOR method with the case of FMIPA Brawijaya University’s students. The criteria that will be used for research by literature study are reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Service place alternatives that will be used are Poliklinik Brawijaya University, UMM Medical Center, and RSI UNISMA. The goal of this research is to evaluate the medical service performance around the campuss area. First step by using fuzzy AHP resulting two criteria that having two best scores, that is tangible and reliability. Which later these two criteria will be used for the next step, normalization of the tangible resulting the score criteria of 0,5385 and normalization of reliability resulting the score criteria of 0,4615. The next step by using VIKOR method shows the rank of the alternatives. The first is Poliklinik Brawijaya University with the index score 0,0045. The next is UMM Medical Center with index score 0,0304 and the last is RSI UNISMA with index score 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/282/051706143
Uncontrolled Keywords: kualitas jasa, fuzzy AHP, VIKOR, pelayanan kesehatan.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.31 Nonclassical logic > 511.313 Fuzzy logic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:17
Last Modified: 24 Nov 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4100
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of MUKADIMAH.pdf]
Preview
Text
MUKADIMAH.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item