Ardhi,, Kuntjoro Nuril (2017) Analisis Hubungan Interpersonal Antara Guru dan Orang Tua Murid Penyandang Autisme (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Sekolah SLB Negeri 3 Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengambil masalah dari kebutuhan akan kerja sama guru dan orang tua murid dalam proses pembelajaran anak. Pada anak berkebutuhan khusus (ABK), peran serta guru dan orang tua sangatlah penting karena mereka lah yang menjadi ‘pilar’ dalam pendidikan ABK khususnya dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan autis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menggambarkan, dan memahami seperti apa bentuk hubungan interpersonal yang terjalin antara guru dan orang tua murid penyandang autisme di SLB Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa hubungan yang terjalin antara guru dan orang tua murid penyandang autis di SLB Negeri 3 Jakarta berjalan dengan baik dan hubungan tersebut dilakukan dengan tujuan agar informasi anak baik di sekolah maupun di rumah dapat tersampaikan secara dua arah. Guru dan orang tua memilih untuk melakukan pembukaan diri agar informasi dapat dipertukarkan dengan baik.
English Abstract
This study takes the problem of the need for cooperation of teachers and parents in the learning process of children. In children with special needs, the role of teachers and parents because they are the 'pillars' in children's education, especially in this study is a child with autism needs. The purpose of this study is to describe, illustrate, and understand what kind of interpersonal relationship that exists between teachers and parents of students with autism in SLB Negeri 3 Jakarta. This research uses qualitative research type with descriptive method, data completion technique using in-depth interview technique and documentation study. The results of this study illustrate the relationship between teachers and parents of students with autism in SLB Negeri 3 Jakarta run well and relationships conducted with the aim that children's information both at school and at home can be delivered in both directions. Teachers and parents choose to conduct self-disclosure so that information can be exchanged properly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/469/051705477 |
Uncontrolled Keywords: | Informasi Privat, Hubungan Interpersonal, Autis, Guru & Orang Tua |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 02:27 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 01:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/393 |
Text
Kuntjoro Nuril Ardhi.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |